BNI Investime Week

BNI Ungkap Mudahnya Transaksi Keuangan pakai QRIS

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 April 2021 13:25
Mudah Bayar Ini Itu Dengan QRIS BNI Mobile Banking

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan transaksi keuangan semakin mudah dengan kehadiran QR Indonesian Standard atau dikenal sebagai QRIS. BNI menjadi salah satu bank yang membuka layanan tersebut untuk para nasabahnya, mengungkapkan kemudahan yang akan diterima.

Vice President Divisi E-Banking BNI, Denny Ricky Feblu menjelaskan dengan QRIS di saat pandemi mengurangi interaksi yang terjadi sebelumnya saat menggunakan kartu debit dan kredit. Nasabah hanya diminta untuk memindai atau scan QR saat melakukan pembayaran.

"Jadi dengan QRIS ini dia hanya cukup scan. Harusnya sudah cukup masyarakat agar lebih tenang. Artinya tidak perlu lagi gesek kartu dilap-lap. mereka lebih aman dan tenang menggunakan QRIS," kata Denny, dalam BNI Investment Week di program Profit CNBC Indonesia, Selasa (6/4/2021).


Selain itu, dia menyebutkan saat akan melakukan transfer nasabah tidak perlu bertanya nomor rekening. Karena dengan QRIS, mereka sudah dapat melakukan transaksi.

Denny juga mengatakan QRIS juga memotong jalur pengiriman uang. Jika sebelumnya penggunaan wallet harus dikirimkan dari tabungan lebih dulu, sekarang tidak perlu lagi.

"Misalkan kalau mau belanja scan QRIS dari tabungan ke wallet macem-macem baru scan. Dengan mobile banking tidak perlu lagi. Kemudahan yang kita buat," ungkapnya.

Dia menjelaskan QRIS juga bisa digunakan dimanapun asal memiliki logo standar QR tersebut.

QRIS memang baru diluncurkan oleh BI beberapa waktu lalu, dan diakui Denny peningkatan penggunaan pun masih bersifat perlahan. Jadi masih diperlukan sosialisasi penggunaan.

"Pandemi peningkatan ada, QRIS baru dilaunching ada pelan-pelan peningkatan," kata Denny.

Ke depannya BNI akan memperluas penggunaan QRIS di merchant-merchant seperti di toko ritail. Sejalan dengan keinginan BI menggandeng 12 juta UMKM untuk menggunakan teknologi ini tahun 2021, BNI pun juga ikut memiliki target sendiri.

"2021, arahan BI mendukung 12 juta. BNI menargetkan 26 ribu merchant QRIS dan UMKM tadi sebesar itu," ujar Denny.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading