Menristek Pamer Kecanggihan GeNose ke Wapres Ma'ruf Amin

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 March 2021 17:43
doc. wapres

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonego bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kantor Wakil Presiden, hari ini (2/3/2021). Dalam pertemuan tersebut Menristek memamerkan kecanggihan GeNose sebagai alat pendeteksi Covid-19.

Bambang Brodjonegoro mengatakan GenoSe adalah inovasi anak bangsa untuk screening atau seleksi Covid-19 yang akan hadir di kantor, pabrik, dan transportasi sehingga kegiatan sehari-hari bisa terbukti negatif Covid-19.

"Cara kerja GeNose melalui hembusan nafas, di mana dalam satu hembusan nafas kita ada senyata yang bisa membedakan apakah seseorang terpapar Covid-19 atau sehat," ujar Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (2/3/2021).


Bambang menambahkan GeNose bekerja kurang dari satu menit saat hembusan nafas dimasukkan ke dalam sistem. Artificial intelligence akan mendeteksi hembusan nafas.

"Dengan GeNose kita harapkan sampil menunggu herd immunity, vaksinasi 180 juta penduduk, kita harus disiplin 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan pemerintah lakukan 3T (testing, tracing, dan treatment) akan menjadi penting dan GeNose berperan penting sebagai alat screening," ujar Bambang.

"Ini adalah inovasi anak bangsa sesuai arahan Pak Wapres untuk selalu dipromosikan dan juga bisa diproduksi dalam jumlah besar," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading