Top! RI Sudah Miliki 38 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 March 2021 16:07
10 juta dosis Vaksin Sinovac tiba di Indonesia. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia baru saja kedatangan 10 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bulk (bahan baku). Dengan tambahan baru ini, Indonesia kini sudah mengamankan 38 juta vaksin Covid-19.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono mengatakan 10 juta dosis vaksin ini akan digunakan untuk program vaksinasi pemerintah tahap dua yang menargetkan 16,9 juta petugas layanan publik dan 21,5 juta kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas.

"Kehadiran vaksin Covid-19 tahap kelima menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhir pandemi, melalui program vaksinasi gratis," ujar Dante Saksono dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).


10 juta vaksin bulk ini akan dibawa ke Bio Farma Bandung dan diproses menjadi vaksin jadi.

"Ke depannya secara bertahap akan datang 185 juta vaksin dari Sinovac. Kita juga masih menunggu vaksin dari Prizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Novavax. Kedatangan ini dibantu oleh Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea Cukai sehingga akses lebih mudah dan prosesnya lancar," ujar Dante Saksono.

"Semua dilakukan terintegrasi dan secara sinergis, kolaboratif antara Kementerian Kesehatan, Kemenkeu, dan Bio Farma sehingga akan membawa kemudahan untuk percepatan proses vaksinasi."

Vaksin Covid-19 sebagai salah satu intervensi kesehatan paling efisien dalam menyelamatkannya jadi tengah pandemi kehadirannya ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading