Waspada! Mutasi Corona Inggris yang Lebih Menular Masuk RI

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
02 March 2021 12:20
Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwo (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini tepat satu tahun pertama kali covid-19 masuk ke Indonesia, yang kala itu disebut sebagai kasus 01 dan 02.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, tepat satu tahun pula mutasi B117 yang berasal dari Inggris masuk ke Indonesia.

"Ada berita yang saya terima dari satu tahun refleksi. Satu tahun yang kita menemukan kasus 01 dan 02, tadi malam saya dapat informasi, tepat satu tahun mutasi B117 UK mutation di RI. Fresh from the oven. Ada 2 kasus. Artinya akan menghadapi kasus dengan semakin berat," katanya di Jakarta, Selasa (2/3/2021).


Dia menjelaskan, dari 462 yang sudah sudah dilakukan pengecekan beberapa bulan ini ada ditemukan dua kasus konfirmasi positif dari mutasi tersebut. "Kita menemukan dua kasus tadi malam," tegasnya.

Dia menambahkan, refleksi setahun pandemi akan diharapkan membuat tantangan ke depan, mengembangkan riset yang kian cepat, model penanganan lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik. Hal ini karena mutasi sudah ada di sekitar kita.

"Semoga kolaborasi dari masyarakat, Kemenkes dan Kemenristek BRIN akan membawa hal positif. Bisa membawa semuanya keluar dari pandemi," pungkasnya.

Mutasi corona B117 pertama kali ditemukan di Inggris pada tahun lalu. Mutasi ini diyakini 70% lebih menular dari varian baruan. Akibat mutasi ini kasus Covid-19 di Inggris melonjak pada akhir 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading