Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Novavax Siap Pakai Mei 2021

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 March 2021 10:08
Vaksin Novavax Efektif 89% Lawan Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Novavax sudah siap untuk digunakan pada Mei 2021 mendatang. Kepastian ini diumumkan langsung oleh CEO perusahaan, Stanley Erck.

Saat ini Novavax masih menjalani uji coba fase tiga di Amerika Serikat dengan 30 ribu peserta. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS akan mengizinkan menggunakan data dari uji coba klinis yang dijalankan Inggris saat mengajukan izin penggunaan darurat pada akhir tahun lalu.

FDA kemungkinan akan meninjau vaksin tak lama setelah Inggris pada April mendatang. "Mungkin sebulan setelah itu," ungkapnya, dikutip CNBC Internasional, Selasa (2/3/2021).


Namun itu bisa berubah, jika FDA memilih untuk menunggu hasil uji coba di AS. Kemungkinan akan mundur sekitar satu sampai dua bulan.

Januari lalu, Novavax telah merilis hasil tiga uji coba di Inggris dengan keefetivan mencapai 89,3%. Menurut perusahaan vaksin bisa ditoleransi dengan baik.

"Kejadian serius dan secara medis terjadi pada level yang rendahn dan seimbang antara kelompok vaksin dengan grup plasebo," ungkap pihak perusahaan.

Namun sayangnya vaksin masih kurang efektif untuk melawan virus B.1.1.7 yang ditemukan di Inggris dan B.1.351 untuk Afrika Selatan.

Jika disetujui, Novavax akan digunakan bersama tiga vaksin lain yang telah mendapat persetujuan otoritas AS yakni Pfizer, Moderna, dan Johnson&Johnson. Perusahaan memiliki kesepakatan untuk menyediakan 110 juta dosis untuk AS dan harus bisa dikirimkan pada Juni atau Juli mendatang.

Stanley Erck memahami jika banyak kebutuhan vaksin untuk AS. Namun dia mengatakan jika mengantongi izin di AS maka dia tidak khawatir untuk memenuhi permintaan itu.

"Banyak permintaan untuk vaksin di AS dan Anda tahu itu adalah dunia yang besar," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading