Begini Cara Vaksin Sinovac Lawan Virus Covid-19 Dalam Tubuh

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2021 11:50
Brasil akhirnya menyetujui penggunaan darurat vaksin corona China Sinovac Biotech Ltd. (AP/Carla Carniel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam program vaksinasi pemerintah untuk melawan virus Covid-19, hingga saat ini menggunakan vaksin Sinovac bernama CoronaVac.

Menurut data uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Bandung, vaksin Sinovac efektif 65% melawan infeksi Covid-19 dalam tubuh. Adapun hasil uji klinis tahap akhir di Turki menunjukkan efektivitas 90-an persen dan Brasil 50,4%.

Coronavac menggunakan platform virus corona yang dimatikan. Saat disuntikkan ke dalam tubuh, vaksin tidak akan membuat penerimanya terinfeksi Covid-19. Namun sejumlah virus mati akan ditelan oleh sel pembawa antigen (kekebalan).


Sel ini juga akan menampilkan sejumlah fragment pada permukaannya. Misalnya sel T membantu mendeteksi fragment yang jika cocok dengan salah satu protein akan aktif dan membawa sel kekebalan lainnya, New York Times, Senin (1/3/2021).

Selain itu adapula sel B yang memiliki bentuk protein dalam berbagai bentuk dan mungkin diantaranya bisa menempel pada virus corona. Saat sel ini mengunci dapat menarik sebagian atau seluruh virus.

Untuk menghentikan virus, sistem kekebalan pada tubuh yang divaksinasi menggunakan Coronavac akan merespon infeksi virus hidup. Sel B yang bertugas memproduksi antibodi akan menempel pada virus-virus itu.

Antibodi dengan target lonjakan protein akan menghalangi jalan virus untuk masuk ke sel. Sementara antibodi lainnya akan memblokir virus dengan cara lain.

Indonesia sendiri sudah mengamankan 130 juta lebih dosis vaksin Sinovac dengan opsi tambahan 100 juta dosis vaksin. Indonesia sudah menerima 3 juta vaksin jadi Sinovac, sisanya akan dikirim secara bertahap dalam bentuk bahan baku dan diproses PT Bio Farma menjadi vaksin Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading