Mutasi Corona B117 Masuk Karawang, Jokowi: Sudah Negatif

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 March 2021 12:20
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan dua warga Indonesia yang terinfeksi varian baru virus corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris sudah sembuh.

"Dua orang yang terpapar sudah negatif dan belum ada penelitian yang menunjukkan varian ini lebih mematikan," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana, Jumat (5/3/2021).

Informasi saja varian baru corona B117 disebut lebih 70% lebih menular dari varian sebelumnya. Meski tak mematikan, varian B117 bila tak diantisipasi sesegera mungkin bisa menambah tekanan pada tenaga kesehatan dan rumah sakit karena lonjakan pasien Covid-19.


Sebelumnya Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang mengungkapkan kronologi dua warga Karawang terpapar mutasi virus corona B117. Pekerja Migran Indonesia (PMI) itu kini sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra mengatakan, dua orang PMI itu pulang ke Indonesia menggunakan pesawat berbeda, namun sama-sama mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Kasus pertama, yakni M, warga Kecamatan Lemah Abang, mendarat di Bandara Soetta pada 28 Januari 2021. Kemudian kasus kedua A yang berasal dari Kecamatan Pedes mendarat pada 31 Januari 2021.

Fitra menyebut mereka langsung menjalani tes usap PCR begitu tiba di Bandara Seotta. Hasil tes keduanya positif dan langsung menjalani isolasi di Jakarta, dan kini sudah negatif.

Ciri Terinfeksi Mutasi Corona B117 Inggris
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading