Mutasi Corona B117 Masuk Karawang, Ini Cara Agar Tak Tertular

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 March 2021 12:34
Calon penumpang Kereta Api mengantre untuk melakukan rapid test antigen di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020). Akibatnya terjadi antrean panjang.PT KAI mewajibkan setiap pengguna jasa kereta api jarak jauh di Pulau Jawa untuk menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen sebagai syarat untuk naik kereta api. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan terdapat dua kasus terkonfirmasi virus varian baru berkode B117. Varian dari Inggris itu dikabarkan lebih menular dibandingkan virus Covid-19 aslinya.

Direktur Sollis Health Los Angeles, Scott Braunstein mengatakan para strains baru kemungkinan lebih menular 50% yang kemungkinan akan menuntun lonjakan masif pada kasus baru.

"Strains baru diperkirakan memiliki lonjakan protein yang lebih terbuka dari aslinya, memungkinkan untuk masuk ke sel manusia lebih efisien, lebih menular," ungkapnya.


Proteksi diri dibutuhkan untuk bisa mencegah terkena B117. Heathline membagikan tujuh cara untuk melindungi diri dari varian virus baru itu, dikutip Kamis (4/3/2021).

Pencegahan ABC

ABC di sini adalah Airway (jalan napas), Bubble, dan Contact. Pada jalan napas, masyarakat diminta untuk melindungi diri agar tidak tertular.

Sementara untuk Bubble yakni hanya berkumpul dengan orang yang dipercaya secara virologi dan emosional. Sementara terakhir dibutuhkan untuk melacak kontak atau contact saat orang yang berkumpul bersama ada yang tertular.

Kurangi Mobilitas

Braunstein mengingatkan untuk tidak bertemu banyak orang dan hanya terhubung dengan sedikit orang saja. Ini dilakukan agar bisa melalui pandemi ini.

"Namun memiliki lingkaran besar bisa sangat sulit untuk dikelola. Jaga agar tetap dalam satu digit," ungkapnya.

Pengurangan mobilitas ini juga termasuk saat berbelanja. Menurutnya belanja di dalam ruangan dapat menaikkan resiko tertular. Braunstein mengimbau jika memungkinkan menggunakan jasa pengiriman untuk meminimalisir terekspos virus.

Beraktivitas Di Luar Ruangan

Jika harus bekerja di luar rumah usahakan dilakukan di ruangan terbuka atau outdoors. Menurut Braunstein, banyak infeksi terjadi karena kontak saat bekerja dan diingatkan untuk melakukan jaga jarak di kantor.

Namun jika memungkinkan juga melakukannya secara virtual. Selain bekerja, Sekolah pun disarankan untuk mengurangi jumlah orang atau dipindah ke outdoor.

Cara Lain Cegah Tertular Mutasi Corona B117
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading