Awas Hoax! Ini Fakta-fakta Kasus Mutasi Corona B117 di RI

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
09 March 2021 06:10
INFOGRAFIS, Mengenal Mutasi Corona B117 yang Ditemukan di Karawang

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi memberikan penjelasan perihalĀ virus corona varian B117 yang mulai ditemukan di tanah air.

"Kita tahu pada Senin malam, 1 Maret, kita sudah menemukan dua kasus positif virus corona di mana terdapat varian baru, yaitu B117. Data tersebut kita sudah ketahui ini merupakan kita temukan pada saat pelaku perjalanan luar negeri yang datang ke Indonesia," ujar Siti Nadia dalam taklimat media, Senin (8/3/2021).

"Penemuan dari B117 ini adalah merupakan pemeriksaan dari whole genome sequencing yang dilakukan oleh Balitbangkes Kemenkes bersama 16 laboratorium lainnya yang melakukan pemeriksaan whole genome sequencing," lanjutnya.



Siti Nadia lantas mengungkapkan ada tambahan empat kasus dari varian itu, yaitu dari Sumut, Sumsel, Kaltim, dan Kalsel. Kendati demikian, keempat kasus itu sudah sembuh.

"Dan dari hasil pelacakan kasus yang kita lakukan kepada 4 kasus ini, maka keempat kasus ini semuanya mengalami gejala ringan dan sedang, dan hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi dan memang ada yang dirawati di RS, tetapi dengan kondisi yang ringan sedang. Sehingga tidak ada memang kondisi yang cenderung berat bahkan membutuhkan perawatan ICU," kata Siti Nadia.

"Kami sampaikan juga dari hasil pemeriksaan pelacakan kasus yang kita lakukan, keempat kasus ini sudah dalam kondisi sehat dan sampai saat ini dari proses pelacakan kasus yang kita lakukan, tidak ada keluarga ataupun kontak erat yang kemudian positif setelah kasus ini dinyatakan positif sebelumnya," lanjutnya.


Halaman berikut >>> Penjelasan lengkap Siti Nadia terkait mutasi virus corona B117

Penjelasan lengkap Siti Nadia terkait mutasi virus corona B117
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading