Kemenkes Ungkap Gejala Penderita Mutasi Corona B117 Inggris

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 March 2021 19:42
INFOGRAFIS, Mengenal Mutasi Corona B117 yang Ditemukan di Karawang

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan update terkini perihal kasus Covid-19 varian B117. Update itu disampaikan Siti Nadia dalam keterangan pers virtual, Senin (8/3/2021).

"Kami sampaikan saat ini jumlah kasus yang sudah ditemukan terkait dengan varian B117 saat ini bertambah sebanyak empat kasus. Kasus tambahan ini didapatkan dari hasil pemeriksaan whole genome sequencing yang dilakukan oleh Balitbangkes bersama 16 laboratorium lainnya," ujarnya.

Menurut Siti Nadia, keempat kasus itu ditemukan di 4 provinsi, yaitu Sumut, Sumsel, Kaltim, dan Kalsel.

"Dan kami sampaikan kembali keempat kasus dengan varian B117 ini saat ini sudah sembuh dan mereka sudah menjalani tentunya pengobatan dan tata laksana. Karena pada saat awal pemeriksaan swab test PCR mereka dinyatakan positif," ujarnya.

"Dan dari hasil pelacakan kasus yang kita lakukan kepada 4 kasus ini, maka keempat kasus ini semuanya mengalami gejala ringan dan sedang, dan hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi dan memang ada yang dirawat di RS, tetapi dengan kondisi yang ringan sedang. Sehingga tidak ada memang kondisi yang cenderung berat bahkan membutuhkan perawatan ICU," lanjutnya.

Siti Nadia mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan pelacakan kasus yang dilakukan, keempat kasus ini sudah dalam kondisi sehat. Sampai saat ini, lanjut dia, dari proses pelacakan kasus yang dilakukan, tidak ada keluarga ataupun kontak erat yang kemudian positif setelah kasus ini dinyatakan positif sebelumnya.



"Kami ingin mengingatkan kepada masyarakat karena kita nanti pada hari Kamis itu adalah libur dalam rangka Isra Mi'raj, maka tentunya dengan adanya tambahan kasus varian B117, ini tentunya kami mengharapkan bahwa masyarakat semakin waspada dan mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Siti Nadia.

"Termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian karena kita dari dua kasus saat ini sudah bertambah lagi menjadi 4 kasus yang kita temukan pada saat kita melakukan surveillance genetik dari pada mutasi corona yang beredar di Indonesia," lanjutnya.

Untuk itu, menurut Siti Nadia, kembali Kemenkes menekankan agar masyarakat dapat terhindar dari varian Covid-19. Tentunya upaya pencegahan yang selama ini sudah dilakukan dan diketahui diharapkan tetap terus ditegakkan. Siti Nadia mengajak semua pihak agar tidak pernah kendur dan semakin disiplin melaksanakan 3M.

"Dengan adanya pernyataan resmi ini maka kami berharap masyarakat tentunya dapat terhindar dari informasi yang tidak benar atau hoaks terkait varian Covid-19 ini," kata Siti Nadia.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading