Dear Warga +62, Vaksin RI Efektif Lawan Mutasi Corona B117

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
04 March 2021 17:32
INFOGRAFIS, Mengenal Mutasi Corona B117 yang Ditemukan di Karawang

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, memastikan vaksinĀ Covid-19 yang digunakan di Indonesia efektif melawan mutasi virus corona B117 asal Inggris.

Kepastian itu disampaikan Wiku dalam taklimat media yang berlangsung secara virtual, Kamis (4/3/2021).

"Kami minta masyarakat tidak perlu khawatir dengan dampak masuknya varian B117 terhadap efikasi vaksin. Kami minta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid-19," ujar Wiku.

Ia pun menjelaskan, mutasi virus merupakan hal yang lazim ditemui, terutama di masa pandemi. Varian dapat terus bertambah seiring berjalan waktu, terutama saat penularan kian banyak.


Seiring dengan potensi mutasi, peneliti harus melakukan penelitian lebih lanjut perihal mutasi dan varian baru yang muncul. Hal itu, kata Wiku, dimaksudkan agar implikasinya dipahami disertai solusi untuk menghadapinya.

"Masyarakat jangan khawatir berlebihan," ujarnya.

Wiku pun bilang, pemerintah sudah mengambil langkah strategis dan bekerja sama dengan peneliti. Pemerintah juga memperketat proses skrining untuk mencegah masuknya varian baru dari negara lain atau dari daerah ke daerah lainnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading