Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Divaksin per Juli, Realistis?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
20 April 2021 17:50
Penjelasan Presiden Joko Widodo terkait larangan mudik, 16 April 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada, Juli 2021, 70 juta orang di tanah air sudah divaksinasi Covid-19. Namun, dengan adanya kendala dari sisi pasokan vaksin yang mengemuka belakangan, apakah target itu bisa dicapai?

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan pemerintah akan memaksimalkan kapasitas produksi vaksin yang diproduksi PT Bio Farma sehingga bisa memenuhi target.

"Dan sudah ada 6 juta bulk vaksin yang baru diterima yang bisa meningkatkan produksi vaksin di Indonesia," kata Wiku dalam taklimat media, Selasa (20/4/2021).

Untuk jangka panjang, dia mengatakan pemerintah sedang mengembangkan vaksin Merah Putih yang dibuat berdasarkan kaidah ilmiah dan etika.

Demi menyukseskan vaksinasi, Wiku meminta masyarakat yang masuk ke dalam kelompok prioritas ikut serta dalam program itu.



Sebelumnya, Jokowi optimistis pemerintah bisa menyuntik vaksin Covid-19 kepada 70 juta penduduk hingga Juli mendatang. Dia mengatakan target itu perlu diwujudkan, sehingga Indonesia bisa menurunkan laju penyebaran Covid-19 secepatnya.

"Nanti di bulan Juli target kita paling tidak 70 juta penduduk kita harus sudah divaksinasi. Nanti kurvanya akan kelihatan turunnya di bulan Juli kalau vaksinasi mencapai 70 juta orang," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021, Rabu (14/4/2021).

Ia mengatakan, vaksinasi melengkapi upaya pemerintah mengatasi pandemi Covid-19. Selain penyuntikan vaksin, pemerintah juga menggencarkan penerapan PPKM Mikro dan menegakkan protokol kesehatan.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading