Janji Jokowi: Vaksin Covid Gratis, Vaksinasi Januari 2021

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
17 December 2020 07:04
Jokowi Saat Keterangan Pers Presiden RI Vaksin Gratis, Istana Merdeka, 16 Desember 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo akhir menggratiskan vaksin Covid-19 kepada seluruh penduduk. Presiden ke-7 Indonesia ini menyebut vaksinasi akan dilakukan mulai Januari 2021.

Sebelumnya sebanyak 75 juta penduduk Indonesia diminta untuk membayar sendiri vaksin Covid-19. Alasannya, Indonesia memiliki keterbatasan anggaran, hanya mampu memberikan vaksin gratis kepada 104 juta penduduk penerima bantuan iuran (PBI) PBJS Kesehatan.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang, hitung ulang mengenai keuangan negara, saya sampaikan vaksin Covid-19 ke masyarakat gratis," ujar Jokowi dalam konferensi pers digital, Rabu (16/17/2020)


Jokowi pun memastikan dirinya akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. Ini untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

Menurut Jokowi untuk tahap pertama vaksin akan disuntikkan kepada tenaga medis yang berada di garis terdepan melawan Covid-19 kemudian kepada apara keamanan TNI dan Polri.

"Insya Allah vaksinasi Covid-19 akan dilakukan pada Januari 2021. Semua akan mendapatkan vaksinasi. Semuanya gratis. Tetapi ini butuh waktu untuk disuntikkan karena data terakhir yang divaksin 182 juta orang," terangnya.

Pada 6 Desember 2020, Indonesia sudah mendapatkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 milik Sinovac Biotech. Vaksin ini sedang menunggu izin penggunaan darurat dari BPOM dan stempel halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Kementerian BUMN mengklaim saat ini Indonesia sudah mengamankan 155 juta dosis vaksin. Sisanya sedang diusahakan untuk memenuhi kebutuhan vaksin seluruh penduduk Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading