Keren Jokowi! RI Gabung Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 December 2020 15:08
Five doses of the COVID-19 vaccine is held by Spc. Angel Laureano, Monday, Dec. 14, 2020, at the Walter Reed National Military Medical Center in Bethesda Md. (AP Photo/Manuel Balce Ceneta, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia menjadi salah satu negara yang menggratiskan vaksin Covid-19 kepada warganya. Hal ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers digital, Rabu (16/12/2020).

"Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelha melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan ia akan menjadi yang penerima pertama vaksin Covid-19. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat dan keyakinan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.


Selain Indonesia beberapa negara telah menggratiskan vaksin Covid-19 bagi warga negara. Berikut daftarnya:

Singapura

Singapura mengumumkan akan menggratiskan vaksin bersamaan dengan dikeluarkan izin pengunaan darurat untuk vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech. Singapura akan memberikan vaksin gratis kepada 5,6 juta warga negara dan semua yang memiliki izin tinggal termasuk pekerja, mahasiswa, hingga keluarga tanggungan.

Jepang

Jepang akan memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada semua penduduknya berdasarkan undang-undang yang disahkan. RUU tersebut, yang mengatakan pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang, telah disetujui oleh majelis tinggi parlemen.

Prancis

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan bahwa "tinggal beberapa minggu" sebelum negara itu akan mulai meluncurkan vaksinasi Covid-19 dan bahwa itu akan gratis untuk semua. Castex juga mengatakan vaksinasi akan dilakukan dalam tiga tahap.

Halaman 2 >>>

Negara yang Gratiskan Vaksin (1)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading