Top! Akhir Februari RI Dapat Jutaan Vaksin Covid-19 Gratis

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 January 2021 16:13
Infografis: Hampir 100 Ribu Kasus, Adakah Vaksin Obat Corona? Foto: Infografis/Hampir 100 Ribu Kasus, Adakah Vaksin Obat Corona?/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin gratis dari GAVI (The Global Alliance for Vaccines and Immunisation) akan tiba di Indonesia pada akhir Februari 2021. Indonesia akan mendapatkan sekitar 54 juta hingga 108 juta dosis vaksin gratis ini.

Jutaan vaksin gratis ini bisa didapatkan Indonesia melalui penandatanganan kerjasama multilateral yang dilakukan oleh Pemerintah dan GAVI di awal tahun kemarin.

"Berita baiknya mungkin itu (vaksin) bisa datang lebih cepat either di akhir Februari, atau di awal Maret," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dikutip melalui keterangan resmi, Rabu (13/1/2021).


Adapun pilihan vaksinnya adalah produksi Pfizer, AstraZeneca, Novavax, dan Moderna yang sudah dapat izin persetujuan dari negara asalnya.

Vaksinasi merupakan langkah yang sangat penting untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan pemerintah untuk menjaga kesehatan rakyat sekaligus menjaga kesehatan keuangan negara.

Sebagai informasi, penandatangan formulir B vaksin GAVI COVAX Facilities telah dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Menteri Kesehatan pada Kamis, 7 Januari 2021.

Proses vaksinasi pun telah dimulai hari ini langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading