4 Fakta Mutasi Corona Inggris B117 yang Ditemukan di Karawang

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 March 2021 07:45
Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Senin (2/11/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian baru virus corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris sudah masuk Indonesia. Mutasi baru ini ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pemerintah provinsi tengah melakukan pelacakan (tracing) lebih lanjut untuk mengantisipasi penyebaran varian baru ini.

"Varian baru virus corona sudah ada di indonesia, masuk Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," kata Emil, Kamis (4/3/2021).


Varian baru virus corona B117 diyakini 40-70% lebih menular dari varian sebelumnya. Varian baru ini telah menyebar ke lebih dari 30 negara yang mengakibatkan lonjakan pasien disejumlah negara.

Berikut lima fakta mengenai varian baru corona B117 Inggris yang sudah masuk ke Indonesia:

1. Berasal dari 2 pekerja migran di Arab Saudi

Dua warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, perempuan berinisial M dan A terdeteksi terinfeksi mutasi virus corona B117 merupakan pekerja migran di Arab Saudi yang tiba di Indonesia akhir Januari 2021.

2. Tiba di Indonesia pada akhir Januari 2021

M lebih dahulu tiba menggunakan pesawat Qatar Airways di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 28 Januari. Sementara itu, A yang menaiki pesawat Garuda Indonesia mendarat 31 Januari.

M dan A masing-masing mengikuti protokol kesehatan Covid-19 setibanya di Bandara Soetta, termasuk melakukan tes swab PCR. Hasil tes mereka berdua positif Covid-19, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (4/3/2021).

3. Hasil Test Swab Sudah Negatif

Setelah divonis positif terinfeksi varian baru corona B117 keduanya melakukan karantina 14 hari di Wisma Pademangan, Jakarta. Setelahnya dilakukan test yang menunjukkan hasil negatif dan sudah izinkan pulang ke Karawang.

4. Periksa 15 Kontak Erat Pasien

Untuk menangkal penyebaran varian baru corona B117, Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang telah melakukan pemeriksaan terhadap 15 kontak erat kedua warga Karawang. Hingga kini M dan A beserta 15 kontak erat yang telah diperiksa terpantau dalam keadaan baik, melansir CNNIndonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading