Indahnya Berbagi! Israel Pasok Vaksin Covid-19 ke Palestina

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 February 2021 13:52
A health worker is being administered COVID-19 vaccine at a hospital in Kolkata, India, Saturday, Jan. 16, 2021. India started inoculating health workers Saturday in what is likely the world's largest COVID-19 vaccination campaign, joining the ranks of wealthier nations where the effort is already well underway. (AP Photo/Bikas Das)

Jakarta, CNBC Indonesia - Israel mengungkapkan pihaknya sudah memasok atau melakukan pengiriman pertama vaksinĀ Covid-19 ke Palestina. Sebanyak 2.000 dosis vaksin Moderna sudah dikirimkan.

Vaksin itu telah dikirimkan ke Tepi Barat, wilayah Palestina, dan akan digunakan oleh tim medis Otoritas Palestina, menurut pernyataan dari COGAT, penghubung militer Israel dengan Palestina, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (2/2/2021).

Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi pengiriman tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di kota Ramallah, Tepi Barat, dengan mengatakan akan memberikan dosis tersebut kepada personel medis yang bekerja di fasilitas tempat mereka merawat pasien Covid-19.


"Kelompok kedua yang akan mendapatkan vaksin adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang menderita penyakit kronis," kata pernyataan tersebut.

Kementerian Kesehatan Palestina menambahkan pihaknya berharap mendapatkan 50.000 dosis vaksin lagi dalam "beberapa hari mendatang", tetapi tidak mengungkapkan sumbernya.

Israel telah mengalokasikan tambahan 3.000 dosis untuk Palestina, kata seorang pejabat COGAT.

Israel menjadi negara terdepan dalam melakukan vaksinasi ke warganya. Otoritas Palestina secara terpisah telah mencoba untuk mengamankan dosisnya sendiri, dan telah memesan sejumlah vaksin Sputnik V Rusia.

Palestina juga akan menerima 35.000 hingga 40.000 vaksin dari program berbagi vaksin global COVAX dalam beberapa minggu mendatang, ungkap seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Israel dan Palestina terlibat sengketa yang panjang. Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967. Palestina menyebut wilayah itu sebagai bagian dari negara merdeka Palestina.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading