Moeldoko Bicara Prakerja Sebelum dan Setelah Pandemi Covid-19

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
23 November 2020 19:16
Moeldoko. (CNBC Indoensia/ Ratu Rina)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Kartu Prakerja di masa adanya pandemi Covid-19 atau tidak adanya pandemi, diklaim sebagai program yang bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam webinar tentang Kartu Prakerja, Senin (23/11/2020).

Dia menjelaskan, program Kartu Prakerja, diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkuat kemampuan sumber daya manusia di Indonesia. Caranya, dengan menyediakan pelatihan yang juga diberi insentif bagi para pesertanya.


"Presiden itu mau membekali pekerja, diperkuat, dibekali (kemampuannya). Lalu uang jalannya untuk logistik sedikit," jelas Moeldoko.

Di masa kampanyenya, Jokowi sempat mengatakan, program Kartu Prakerja bertujuan untuk meningkatkan SDM yang unggul sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Target utamanya adalah warga negara Indonesia (WNI)berusia minimal 18 tahun yang sedang mencari kerja dan kewirausahaan.

Oleh sebab itu, konsep dari kartu pra kerja berupa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, agar bisa mendapatkan pekerjaan atau menjadi wirausahawan.

Nah, kemudian, saat pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, membuat ekonomi luluh lantah, banyak perusahaan yang memecat karyawan, banyak usaha yang tutup, dan lain sebagainya.

Jadi, kriteria-kriteria untuk ke pekerjaannya, dikesampingkan, karena pemerintah fokus dalam pelatihan dan peningkatan keterampilannya lewat pelatihan ini, dan penyaluran insentifnya

Paling tidak, lewat program Kartu Prakerja ini, karyawan yang di-PHK dan dirumahkan bisa terus melakukan aktivitas di rumah.

Oleh sebab itu, kata Moeldoko Insentif yang tadinya diberikan sedikit, kemudian justru diperbanyak. Dia menyatakan, bila pandemi berakhir, maka formatnya akan kembali seperti rencana awal.

Ada atau tidaknya pandemi Covid-19, Moeldoko menekankan, tujuan program Kartu Prakerja tetap tidak berubah, yakni menyiapkan SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Terlebih lagi dia mengatakan dengan adanya UU Cipta Kerja maka akan ada banyak investasi yang banyak menciptakan lapangan kerja. Dengan program Kartu Prakerja sumber daya manusia Indonesia langsung siap mengisi setiap kesempatan kerja yang dibuka.

"Satu sisi lain kan gambarannya kita ini mau memberikan regulasi yang penuh dengan kepastian dan kemudahan investasi. Maka akan ada gelombang besar, karena banyak orang berdatangan dan akan membangun berbagai industri dan manufaktur di sini," ujar Moeldoko.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading