Ramai-ramai Blokir Teknologi 5G Huawei

Tech - roy, CNBC Indonesia
22 October 2020 11:17
Huawei

Jakarta, CNBC Indonesia - Posisi Huawei Technologies kini semakin sulit. Pasalnya, jumlah negara yang memblokir perangkat jaringan 5G bertambah. Terbaru adalah Swedia.

Memblokir perangkat 5G Huawei pertama kali diterapkan oleh Amerika Serikat (AS). Presiden Donald Trump menuding perangkat Huawei bisa disusupi pemerintah China untuk memata-matai negara lain.

Huawei berulang kali membantah tudingan tersebut dengan menyebut mereka tidak memiliki hubungan dengan pemerintah China. Mendapati jawaban ini AS tak bergeming. Mereka terus membujuk negara lain terutama sekutu dekat untuk blokir perangkat jaringan 5G Huawei.


Berikut daftar negara yang memutuskan untuk memblokir jaringan 5G Huawei yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020):

1. Swedia

Swedia mengumumkan pemblokiran perangkat 5G Huawei dan ZTE Corp pada Selasa (20/10/2020). Keputusan ini diambil mengikuti saran dari angkatan bersenjata dan dinas keamanan negara, yang menggambarkan China sebagai "salah satu ancaman terbesar terhadap Swedia", seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/10/2020).

Otoritas Telekomunikasi Swedia memerintahkan perusahaan yang ikut serta dalam lelang untuk mengganti semua perangkat Huawei dan ZTE dari infrastruktur dan fungsi inti mereka hingga hingga 1 Januari 2025.

2. Inggris

Inggris mengumumkan pemblokiran Huawei dalam teknologi 5G pada Juli 2020. Alasannya, kebijakan baru AS yang melarang penggunaan teknologi AS untuk chip yang dipasok ke Huawei.

Sekretaris bidang kebudayaan, media dan digital Inggris Oliver Dowden mengatakan operator seluler akan dipaksa untuk menyetop pembelian peralatan Huawei di akhir tahun. Inggris juga akan membuat aturan yang mengecualikan Huawei dari infrastruktur 5G pada 2027.

3. Jepang

Jepang melarang Huawei dan perusahaan China lainnya berpartisipasi dalam pengadaan perangkat internet publik pada Desember 2018 silam. Pemerintah tidak menyebut nama Huawei secara khusus dalam pedomannya, tetapi memperingatkan operator telekomunikasi untuk tidak menggunakan peralatan yang dapat membawa risiko keamanan.

SoftBank Group, NTT Docomo dan KDDI, tiga operator seluler utama Jepang, telah memutuskan untuk tidak menggunakan peralatan Huawei dalam peluncuran 5G, menurut Nikkei Asian Review. Huawei berpartisipasi dari beberapa jaringan 4G di Jepang.

4. Australia

Pada bulan Agustus 2018, Australia melarang Huawei danZTEberpartisipasi dalam jaringan 5G dengan alasan keamanan nasional.

5. Selandia Baru

Selang beberapa bulan setelah Australia blokir Huawei, Selandia Baru melarang operator seluler lokal menggunakan perangkat jaringan buatan Huawei dengan alasan keamanan nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading