Kenapa Game Genshin Impact Tiba-tiba Populer?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 October 2020 13:02
Genshin Impact (ist)

Game Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan nama game fantasi free-to-play Genshin Impact ramai diperbincangkan. Dengan cepat game online buatan developer Mihoyo asal Shanghai ini meraih popularitas di luar China.

Game ini bisa dimainkan di ponsel Android dan iOS, PlayStation 4. dan komputer PC. Genshin Impact sendiri telah menghasilkan penjualan US$140 juta dari perangkat seluler sejak diluncurkan pada akhir September 2020, menurut data Sensor Tower. Pasar terbesarnya adalah Jepang setelah China.

Keberhasilan Genshin Impact, meski baru berumur satu bulan, menunjukkan pesatnya perkembangan industri game China. Bisnis ini dirajai oleh raksasa game Tencent Holdings dan NetEase Inca.


Kunci keberhasilan game ini adalah sistem gacha, uang virtual yang digunakan dalam permainan untuk mendapatkan hadiah secara acak yang dapat membantu gamers meningkatkan kemampuan jagoannya dengan cepat.

Genshin Impact (ist)Foto: Genshin Impact (ist)

Sistem ini merupakan inti dari game seluler top Jepang, dan mirip dengan "loot boxes" di banyak judul game Barat. Fitur ini sering kali menawarkan peluang kecil untuk memenangkan hadiah yang bagus. Tetapi banyak gamers yang menghabiskan banyak uang untuk membeli gacha demi mendapat item langka.

Genshin Impact juga mendapatkan penggemar di Amerika Serikat, dengan penjualan lebih dari US$ 20 juta, menunjukkan penerimaan yang lebih besar dari gacha, yang telah dikritik karena cara itu mendorong gamers lebih konsumtif.

"Industri game Cina masih sangat muda. Genshin Impact baru permulaan, "kata Serkan Toto dari perusahaan konsultan industri game Kantan Games.

Genshin Impact merupakan game yang paling banyak dimainkan kedua di China, tepat di belakang game "Honor of Kings" milik Tencent, menurut platform ulasan game Taptap.

Popularitasnya datang bahkan setelah Mihoyo, yang tidak senang dengan struktur komisi Huawei untuk penjualan di toko aplikasinya, memutuskan untuk tidak menempatkan game-nya di sana, kata seorang sumber.

Artikel Selanjutnya

Bos TikTok Khawatir Pada Game Genshin Impact, Kenapa?


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading