Kenapa Game Among Us Tiba-Tiba Populer?

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
16 October 2020 13:13
among us

Jakarta, CNBC Indonesia - Among Us adalah game PC dan seluler multipemain yang tiba-tiba menjadi populer dan menjadi salah satu video game terpopuler tahun 2020.

Mengutip CNBC International, Jumat (16/10/2020) meskipun dirilis pada Juni 2018, Among Us awalnya tak banyak dilirik pengguna hingga baru-baru ini, ketika streamer video game di layanan Twitch Amazon menyadari bahwa itu adalah game yang sempurna saat karantina di tengah pandemi.

Dikembangkan oleh InnerSloth, sebuah studio kecil di Redmond, Washington, Among Us diunduh hampir 42 juta kali di Steam pada paruh pertama September, menurut Safebettingsites.com. Among Us juga telah diunduh hampir 84 juta kali di iOS dan Android bulan itu, menurut SensorTower.


Mudah dimainkan, menyenangkan, dan murah, dan telah muncul sebagai salah satu hiburan terbaik untuk bersosialisasi secara virtual di tengah pandemi.

Among Us adalah versi modern dari game deduksi sosial klasik seperti Mafia dan Werewolf. Menggunakan PC atau perangkat seluler, pengguna bermain sebagai satu tim dan harus mampu menemukan impostor di antara mereka atau menyelesaikan tugas untuk menang.

Sementara itu, para impostor meraih kemenangan dengan membunuh kru mereka atau menyabotase pesawat luar angkasa. Impostor akan dipilih secara acak dalam setiap permainan.

Meningkatkan popularitas game Among US tak lepas dari pandemi Covid-19. Kebijakan banyak negara untuk tetap di rumah dan bekerja dari rumah selama pandemi membuat banyak orang butuh hiburan. Dengan gameplay virtual dan ketergantungan pada interaksi sosial, Among Us sangat cocok untuk sosialisasi virtual.

Ditambah lagi beberapa para streamer populer, gamer dan para influencer gemar memainkan dan membicarakan game ini. Dengan sendiri para streamer, gamer dan influencer ini memperkenalkan Among Us kepada pengikutnya.

"Game ini telah membangun pengikut namun setia selama lebih dari dua tahun sebelum menjadi sorotan berkat aplikasi Twitch," kata peneliti SensorTower Randy Nelson. "Keberhasilannya saat ini benar-benar lahir dari platform itu sendiri."

Adopsi game ini juga tumbuh karena biaya rendah dan kesederhanaannya. Meskipun pengguna harus menyelesaikan penugasan, tindakan ini mudah dilakukan dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Seiring permainan semakin populer, meme tentang game Among Us juga menciptakan efek yang lebih besar dalam menarik lebih banyak pengguna dan membuat mereka terus kembali memainkan game ini.

Nah, tantangan terbesar bagi Among Us adalah mempertahankan dan menumbuhkan kesuksesannya. Studio InnerSloth telah menunjukkan komitmen terhadap game tersebut dengan membatalkan peluncuran sekuel game ini demi fokus mempertahankan yang asli. Ada juga peta tambahan.

"Kami memiliki banyak hal lain yang direncanakan, kami hanya perlu memprioritaskan dan mengatur semua rencana kami," kata InnerSloth dalam sebuah posting blog pada bulan September.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading