Kabar Baik! Obat Corona Ini Manjur Sembuhkan Pasien Covid-19

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 September 2020 13:08
INFOGRAFIS, Obat Mujarab dari Jepang Sembuhkan Pasien Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Fujifilm Holding Corp melaporkan obat corona buatannya, Avigan manjur sembuhkan pasien positif Covid-19. Kabar ini menumbuhkan harapan untuk segera mendapatkan persetujuan dari pemerintah Jepang.

Dalam uji klinis fase akhir, Avigan mempercepat waktu kesembuhan pasien dari Covid-19. Avigan membutuhkan 11,9 hari untuk menyembuhkan pasien, sementara obat palsu (plasebo) butuh 14,7 hari.

Fujifilm Holding mengatakan riset uji klinis ini menunjukkan hasil yang signifikan. Uji klinis fase akhir ini melibatkan 156 pasien Covid-19, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/9/2020).


Fujifilm menambahkan akan melakukan analisis lebih lanjut terhadap data uji klinis tersebut dan berusaha untuk mendapatkan persetujuan penggunaan Avigan untuk pasien Covid-19 pada awal Oktober 2020.

Avigan bekerja pada RNA virus dengan menghambat kemampuan virus untuk bereplikasi. Avigan sebelumnya sudah mendapat persetujuan sebagai obat flu darurat pada 2014.

Pada Juli 2020, perusahaan melaporkan gagal mencapai hasil yang signifikan dari uji klinis karena kekurangan pasien Covid-19. Namun Avigan sudah dijual ke sejumlah negara dengan nama favipiravir. India dan Rusia sudah memberikan izin penggunaan obat ini ke pasien Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading