NASA Mau Menambang Bulan, Lagi Cari Kontraktor Nih

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 September 2020 17:33
Ilustrasi Gerhana Bulan

Jakarta, CNBC IndonesiaNASA berniat untuk menambang Bulan. Caranya, dengan membeli tanah, batu dan material Bulan lainnya dari perusahaan swasta yang melakukan ekspedisi ke Bulan.

Administrator NASA Jim Bridenstine menulis dalam sebuah posting blog rencana tersebut tidak akan melanggar perjanjian tahun 1967 yang menyatakan bahwa benda langit dan ruang angkasa dibebaskan dari klaim kepemilikan nasional.

Justru inisiatif ini sebagai bagian dari program pengembangan teknologi yang pada akhirnya membantu astronot dapat bertahan hidup di daratan Bulan. NASA akan menjadikan sumber daya yang ditambang sebagai milik perusahaan, dan bahan tersebut akan menjadi "satu-satunya milik NASA" setelah pembelian.


"Intinya adalah kami akan membeli beberapa tanah bulan untuk tujuan menunjukkan bahwa itu bisa dilakukan," kata Jim Bridenstine, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/9/2020).

Jim Bridenstine mengatakan NASA pada akhirnya akan membeli lebih banyak jenis sumber daya seperti es dan bahan lain yang mungkin ditemukan di bulan.

NASA pada bulan Mei menyiapkan panggung untuk debat global tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur bagaimana orang akan hidup dan bekerja di bulan, merilis prinsip-prinsip utama dari apa yang diharapkan akan menjadi pakta internasional untuk eksplorasi bulan yang disebut Persetujuan Artemis.

Ini akan memungkinkan perusahaan untuk memiliki sumber daya bulan yang mereka tambang, elemen penting dalam menggunakan kontraktor NASA untuk mengubah es air bulan menjadi bahan bakar roket atau menambang mineral bulan untuk membangun landasan pendaratan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading