Belum Ada yang Mengaku, Roket Siapa yang Menabrak Bulan?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 June 2022 09:50
Roket ULA Atlas V yang membawa pesawat ruang angkasa Boeing Starliner lepas landas dari pad 41 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral untuk misi Orbital Flight Test-2 (OFT-2) pada 19 Mei 2022 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada 19 Mei 2022. (via Getty Images/Anadolu Agency)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua kawah besar di Bulan ditemukan setelah ditabrak oleh roket pada Maret lalu. Lokasinya berada di sisi gelap Bulan dengan masing-masing berdiameter 18 meter dan 16 meter.

Adanya kawah ganda itu disebut NASA akibat badan roket memiliki massa yang besar di tiap ujungnya. Sejauh ini menurut laporan belum ada tabrakan yang mampu menghasilkan kawah ganda.

Sebuah roket menghantam Bulan pada 4 Maret 2022, menciptakan dua kawah di permukaan Bulan.Foto: dok NASA
Sebuah roket menghantam Bulan pada 4 Maret 2022, menciptakan dua kawah di permukaan Bulan.

Meski begitu baik NASA dan astronom lain belum bisa memastikan roket yang menabrak Bulan berasal dari negara atau perusahaan lain.


"Biasanya roket bekas memiliki massa yang terkonsentrasi di ujung motor: sisa tahap roket khususnya terdiri dari tangki bahan bakar kosong," kata profesor di School of Earth and Space Exploration di Arizona State University NASA, Mark Robinson dikutip Zdnet, Kamis (30/6/2022). "Karena asal usul badan roket belum diketahui pasti, sifat kawah ganda mungkin menunjukkan identitasnya."

New York Times melaporkan adanya spekulasi terkait roket mana yang menabrak Bulan. Menurut perkiraan adalah tahap kedua dari SpaceX Falcon 9.

Roket itu diluncurkan pada 2015 atas nama National Oceanic and Atmospheric Administration untuk proyek DSCOVR Deep Space Climate Observatory.

Pengembang software astronomi Project Pluto, Bill Gray menemukan roket pertama kali pada Januari lalu. Berdasarkan hasil pelacakan nya saat mendekati Bulan, dia mengatakan itu adalah bagian Falcon 9.

Namun insinyur NASA mengatakan lintasan peluncuran tidak sesuai dengan orbit roket.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Roket Misterius Hantam Bulan Bikin Bingung Astronom NASA


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading