NASA Bikin Lomba Desain Toilet Astronot, Hadiahnya Rp287Juta!

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 June 2020 15:20
NASA engineers in the space flight operation facility at NASA's Jet Propulsion Laboratory (JPL) keep watch as the spaceship InSight, NASA's first robotic lander dedicated to studying the deep interior of Mars, prepares to land on the plant, from Pasadena, California, U.S. November 26, 2018.   Al Seib/Pool via REUTERS

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan sayembara berbentuk crowdsourcing kepada mereka yang mampu mendesain toilet untuk para astronot yang akan dikirim ke bulan tahun 2024.


Nantinya, desain terbaik untuk toilet luar angkasa itu akan dihadiahi $ 20.000 atau setara Rp 287 juta. Menurut NASA, crowdsourcing ini untuk menemukan solusi inovatif dan memecahkan masalah yang dihadapi dunia.

Saat ini, sudah ada toilet yang digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Kendati demikian, misi ke bulan akan membutuhkan desain khusus agar toilet pesawat ulang-alik yang bekerja dalam gravitasi bulan, dan kira-kira seperenam gravitasi Bumi.



Desain untuk toilet ruang angkasa ini harus mematuhi spesifikasi tertentu. Misalnya, ia harus memiliki berat kurang dari 33 pound dalam gravitasi Bumi, berukuran tidak lebih dari 4,23 kaki kubik, mengonsumsi daya kurang dari 70 watt dan mengakomodasi kedua jenis kelamin.

Toilet juga harus mudah dibersihkan dan dirawat dan harus memiliki waktu penyelesaian lima menit atau kurang antara penggunaan serta tidak terlalu bising dari kipas kamar mandi rata-rata.

"Meskipun kita mungkin tahu cara membuat toilet, kami menyadari bahwa ada banyak inovasi dalam pengelolaan limbah dari toilet tanpa flush hingga toilet tanpa air dan banyak lagi. Jadi kami ingin memperluas basis pengetahuan kami dengan menggunakan tantangan ini untuk menemukan yang tidak diketahui yang mungkin ada di luar sana," kata Mike Interbartolo dari Johnson Space Center NASA.

Dia mengaku sangat menantikan untuk melihat apa yang bisa dihasilkan oleh komunitas crowdsourcing dengan ide out-of-the-box serta membawa perspektif yang berbeda untuk apa yang dibutuhkan terhadap toilet.

NASA menyediakan hadiah utama yakni $ 20.000. Sedangkan pemenang tempat kedua dan ketiga akan mendapatkan masing-masing $ 10.000 dan $ 5.000. Batas waktu pengiriman desain adalah 17 Agustus dan pemenang akan diumumkan pada 30 September.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Menunggu Posisi Tepat, NASA Tunda Luncurkan Rover ke Mars


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading