Bak Film Armageddon, NASA Kirim Pesawat Buat Tabrak Asteroid

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 June 2020 19:57
NASA.  Dok: NASA/Johns Hopkins APL/Steve Gribben

Jakarta, CNBC Indonesia - Ini bukan bagian dari Film Armageddon yang rilis 1998. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mengirimkan pesawat luar angkasa untuk menabrak asteroid guna melindungi Bumi.

Ini merupakan misi uji coba Double Asteroid Redirection Test (DART) yang mendemonstrasikan teknologi defleksi asteroid untuk pertahanan Bumi. Pesawat luar angkasa ini secara sengaja menabrak asteroid.

Aksi tabrakan ini bukan untuk menghancurkan asteroid tetapi membelokkan orbitnya dan mendorongnya menjauhi Bumi. Bisa dibilang ini sebagai salah satu sistem pertahanan dari benda luar angkasa yang mengancam Bumi, seperti dikutip dari situs NASA, Rabu (24/6/2020).


Target dari uji coba ini adalah asteroid bernama Didymos, pesawat luar angkasa itu akan mencapainya pada 2022. Asteroid ini memiliki diameter 160 meter. European Space Agency (ESA) menyebut ukuran asteroid Didymos hampir sama dengan Piramida di Mesir.

"DART adalah langkah awal dalam pengujian metode defleksi asteroid berbahaya," ujar Andre Riley, Eksekutif Program DART dari NASA. "Asteroid yang memiliki potensi bahaya adalah masalah global dan kami senang dapat bekerja sama dengan kolega dari Italia dan Eropa untuk mengumpulkan data yang paling akurat."

DART merupakan misi pertama yang dikembangkan oleh NASA Planetary Defense Coordination Officer, dan satu bagian dari perencanaan pertahanan planet dari NASA yang lebih luas.

Misi DART akan diawasi oleh pendamping CubeSat dari Badan Antariksa Italia. Dua tahun kemudian, ESA akan meluncurkan pesawat ruang angkasa 'Hera' untuk mengunjungi Didymos dan memeriksa hasil misi DART. Rencananya DART akan diluncurkan pada 2021, dilansir dari CNet, Rabu (24/6/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading