Keren.. Airbus Sukses Terbangkan A350 Tanpa Pilot!

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 July 2020 06:20
INFOGRAFIS, Airbus PHK 15.000 Karyawan Karena Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Era baru pesawat komersil nirawak nampaknya akan makin jelas terlihat. Hal ini terlihat dari keberhasilan pabrikan asal Prancis, yakni Airbus yang melakukan tes Autonomous Taxi, Take-Off & Landing (ATTOL). Salah satu pesawatnya, Airbus A350-1000 dilaporkan berhasil lepas landak dengan keterlibatan pilot yang sangat minim.

Dikutip dari India Times, Airbus melakukan 500 kali penerbangan dengan teknologi sistem gambar pesawat. Sejumlah kamera disiapkan dalam membantu pilot di dalamnya untuk mengambil keputusan jika terjadi keputusan penting.

Selama 500 kalo tes itu, pilot bisa dibilang hampir tidak melakukan hal apapun. Ia hanya duduk sembari mengarahkan kursor ke atas stir. Pilot mengambil kendali jika memang diperlukan dalam merubah arah pesawat, misalnya ke selatan.


Momen ini menjadi pertanyaan ke depannya, apakah profesi pilot sebagai komandan selama penerbangan terancam dengan teknologi terbaru ini. Apalagi, saat ini pun banyak dari profesi pilot yang harus dirumahkan akibat pandemi Covid-19.

Jawabannya tentu saja tidak. Pesawat yang terbang dengan status autopilot tetap membutuhkan pilot yang sangat aktif. Pekerjaan mereka melibatkan koneksi dengan zona udara yang berbeda, memastikan lintasan yang mereka lalui sempurna dan menyambungkan dengan pihak bandara bahwa pesawatnya bisa bekerja.

Meski pilot tidak perlu sepenuhnya khawatir, namun mereka tetap harus mengembangkan skillnya. Apalagi, ke depan bakal ada banyak perubahan terjadi. Seperti masuknya sistem ATTOL dari Airbus yang diprediksi bakal banhak merubah kurikulum pilot.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading