19 Aplikasi Foto Editor Ini Mengandung Virus Jahat, Delete!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 July 2020 11:30
Infografis: 1 Miliaran HP Android Terancam Malware, Ini Cara Menangkalnya

Jakarta, CNBC Indonesia - 19 Aplikasi foto editor mengandung virus jahat malware yang berbahaya bagi ponsel kamu. Google telah menghapus aplikasi ini dari Play Store. Jika ada di ponselmu delete segera.

19 Aplikasi foto editor yang mengandung virus jahat ini ditemukan oleh lembaga riset security White Ops. Jika dijumlah ada 3,5 juta pengguna Android yang sudah mengunduh aplikasi ini. Itu artinya jutaan ponsel tersebut sudah disusupi malware.

Cara kerja aplikasi ini dengan menghujani ponsel kamu dengan iklan-iklan digital yang sangat mengganggu. Selain itu, aplikasi ini juga mengalihkan ponselmu ke situs-situs yang tidak jelas asal usulnya. Dari aktivitas ini para aktor jahat mendapatkan uang.


Hal yang paling menyebalkan dari 19 aplikasi mengandung virus jahat ini adalah aplikasi ini akan mengelabui pengguna hingga percaya bahwa aplikasi ini tidak bisa digunakan. Developer pun merancang aplikasi agar sulit dihapus. Ikon aplikasi akan segera menghilang untuk menyulitkan pengguna untuk menghapusnya.

Melansir dari Phone Arena, Selasa (28/7/2020), berikut daftar aplikasi foto editor yang mengandung virus jahat yang harus segera kamu uninstall dan delete dari ponsel kamu:

  1. Auto Picture Cut
  2. Color Call Flash
  3. Square Photo Blur
  4. Square Blur Photo
  5. Magic Call Flash
  6. Easy Blur
  7. Image Blur
  8. Auto Photo Blur
  9. Photo Blur
  10. Photo Blur Master
  11. Super Call Screen
  12. Square Blur Master
  13. Square Blur
  14. Smart Blur Photo
  15. Smart Photo Blur
  16. Super Call Flash
  17. Smart Call Flash
  18. Blur Photo Editor
  19. Blur Image.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading