Taklukan Gopay & OVO, Jenius Luncurkan Fitur QR Code

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
27 July 2020 15:30
Peluncuran Fitur QR Jenius (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jenius dari Bank BTPN meluncurkan fitur terbaru yaitu QR Code, guna mendukung kenyamanan transaksi masyarakat digital savvy di Indonesia.

Digital Banking Business Product Head, Bank BTPN, Waasi B. Sumintardja mengatakan fitur ini sekaligus mendukung program Bank Indonesia untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai.

"Jenius QR ini, pengguna bisa menggunakannya untuk pembayaran mulai dari Rp 1.000 sampai maksimum Rp 2 juta. Mau itu di rumah makan, minimarket, selama menggunakan QRIS," ujarnya dalam peluncuran fitur QR secara virtual di Jakarta, Senin (27/7/2020).


Dia mengatakan, Jenius QR memudahkan digital savvy bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai atau kartu debit. Transaksi dengan QR juga langsung memotong Saldo Aktif, dan tanpa perlu berpindah aplikasi.

"Melalui proses kokreasi, Jenius mendengar kebutuhan digital savvy akan cara pembayaran yang semakin mudah dan simpel, salah satunya layanan transaksi non-tunai," imbuhnya.

Kehadiran Jenius QR ini, lanjutnya, semakin maksimal sebagai upaya mendukung anjuran pemerintah di masa adaptasi kebiasaan baru untuk meminimalisir kontak fisik.

Masa adaptasi kebiasaan baru ini telah mengubah kebiasaan dan cara dalam melakukan segala hal, termasuk dalam mengakses kebutuhan finansial hingga pengalokasian dana agar dapat bertahan di tengah situasi saat ini.

Dia menyebut terkait dengan keamanan, Jenis QR ini cukup bisa diandalkan. Pertama, pengguna harus login, dimana bisa menggunakan PIN atau Biometrik bagi ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

"Kedua, bisa menggunakan password untuk pembatasan transaksi. Misal di atas Rp 100 ribu bisa diatur menggunakan password," katanya lagi.

Jenius QR membantu digital savvy untuk bertransaksi di jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) seluruh Indonesia, termasuk di jaringan e-Wallet seperti GoPay, OVO, DANA, dan sebagainya. Saat ini, fitur ini sudah tersedia pada ponsel berbasis Android, sementara untuk iOS akan tersedia dalam waktu dekat.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading