Pandemi Covid-19, Jenius Catat Kenaikan Transaksi 6X Lipat

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 December 2020 13:58
Press Conference Kolaborasi Jenius bersama JD.ID, Kopi Kenangan, dan Kitabisa secara virtual di Jakarta, Kamis (3/12/2020). (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Digital Banking Business Product Head, Bank BTPN, Waasi B. Sumintardja mencatat transaksi menggunakan Jenius Pay naik 6 kali lipat periode Maret sampai Oktober 2020 atau tepatnya saat kondisi pandemi yang mengharuskan orang-orang bekerja di rumah.

"Pengguna naik 3 kali lipat. Ini korelasi dengan data Bank Indonesia (BI) pertumbuhan transaksi digital naik 65%," ujarnya ujarnya pada Press Conference Kolaborasi Jenius bersama JD.ID, Kopi Kenangan, dan Kitabisa secara virtual di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Selanjutnya, Jumlah nominal transaksi Jenius Pay meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak 212% pada bulan Oktober 2020 dibanding bulan Maret 2020. "Jadi kalau kita lihat, transaksi kenaikan lebih dari 2 kali lipat," tegasnya.


Meningkatnya transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada Jenius Studi; Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16 - 40 tahun. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa digital/mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%).

Dia menjelaskan, bagaimana mudahnya menggunakan Jenius Pay misalnya untuk transaksi e-commerce. Transaksi Jenius Pay menurutnya aman karena cukup menggunakan $Cahstag.

"Setelah memilih barang dan mau cek out, tinggal pilih menu Jenius Pay, pilih cashtag, tak perlu expose nomor kartu. Setelah klik "bayar", di HP yang ada app jenius, ada permintaan pembayaran dari e commerce tersebut. Tinggal masuk ke aplikasi Jenius, lihat menu lonceng, tinggal accept atau decline," pungkasnya.

Jenius Pay memungkinkan pengguna dapat bertransaksi online tanpa perlu kartu debit/kartu kredit, e-Wallet, atau transfer antar bank. Berbeda dengan fitur Jenius lainnya, pengguna dapat menemukan fitur Jenius Pay ketika memilih metode pembayaran yang tersedia pada halaman checkout di website/aplikasi merchant yang bekerja sama dengan Jenius.

Transaksi online dengan Jenius Pay bisa pengguna lakukan dengan tiga langkah mudah, yaitu memilih Jenius Pay sebagai metode pembayaran di halaman checkout merchant, memasukkan $Cashtag pengguna, dan mengkonfirmasikan pembayaran di aplikasi Jenius.

Pengguna bisa memilih Jenius Pay sebagai metode pembayaran di berbagai merchant, Mulai dari belanja online, beli kopi, beli sayur, isi pulsa/paket data, berdonasi, sampai investasi emas. Selain JD.ID, Kopi Kenangan, Kitabisa.com, Jenius Pay juga telah tersedia di Tokopedia, Blibli.com, Lemonilo, Sayurbox, Fore, Doku, Twenty Milli Coffee Roastery, UniPin, Tamasia, E-mas, Treasury, Lakuemas, Pluang, MyHartono, Interskill, Al Hamidiyah, Ciputra Life, Lifepal, Dinomarket, Mau Belajar Apa, Dompet Dhuafa, Kirim Email, SoftPro, Siabos, dan masih banyak lagi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading