Bosan? Jenius Co.Creation Week 2021 Re.Creation Solusinya!

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
09 December 2021 18:40
jenius

Jakarta, CNBC Indonesia - Munculnya pandemi COVID-19 dalam 2 tahun terakhir memaksa kebiasaan normal sebelumnya menjadi berubah. Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, mau tidak mau mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan keadaan.

Beberapa orang ada yang sudah kembali beraktivitas dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebagian lainnya terlanjur nyaman dengan segala aktivitas yang dapat dilakukan di rumah berkat majunya teknologi. Meski kedua hal tersebut cukup membantu pembelajaran atau pekerjaan, nyatanya hal tersebut tetap saja membuat jenuh, entah itu karena faktor pandemi yang mengurung atau pengaruhnya terhadap pekerjaan.

Rekreasi melalui berbagai hiburan dapat menjadi jalan yang ampuh agar setiap orang tidak jenuh serta pikiran yang segar kembali. Selain itu, rekreasi berbentuk hiburan juga menjadi cara agar setiap orang tetap berkarya meski kondisi membatasi.


Sadar akan hal ini, Jenius kembali menyelenggarakan Co.Creation Week dengan tema Re.Creation (re-kreasi sambil rekreasi) pada tahun ini. Terdapat banyak rangkaian acara dalam Jenius Co.Creation Week 2021 yang dapat memberi inspirasi kepada para pesertanya, mulai dari conference, talks, kompetisi, hingga lokakarya finansial.

Acara yang diselenggarakan selama 6-10 Desember 2021 ini digelar untuk menciptakan ruang agar tiap orang bisa menemukan kebebasan meski dengan keterbatasan, salah satunya menyelenggarakan Jenius Conference dan Jenius Talks yang dijalankan secara hybrid, yaitu kombinasi daring dan luring, di Bali dan Yogyakarta. Adapun detail susunan acaranya sebagai berikut.

Born Activist: Dealing with the Eco-anxious Generation (Senin, 6 Desember 2021)

Di sesi konferensi ini, para peserta akan mendapat insight baru mengenai perubahan iklim dan kaitannya dengan eco-anxious generation lewat kacamata seorang aktivis, yakni Melati Riyanto Wijsen. Selain itu, Melati juga akan membahas aksi kecil yang dapat berdampak nyata terhadap perubahan iklim.

Re.Creation to Co-create: Humanizing Life Finance (Senin, 6 Desember 2021)

Di sesi ini, para peserta mendapat informasi terbaru tentang fitur-fitur yang ada di Jenius. Di sini, para peserta diajak untuk lebih dekat melihat kokreasi bersama yang dilakukan Jenius dan para nasabah. Adapun narasumber di sesi ini antara lain Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi dan Digital Banking Business Product Head Waasi Sumintardja dari Jenius, serta Wahyu Pratomo, salah satu nasabah Jenius yang sudah menjadi Co.Creator selama tiga tahun.

Recreating The Art Ecosystem: The NFT Story (Selasa, 7 Desember 2021)

Keesokannya, salah satu sesi dari Jenius Co.Creation Week 2021 menghadirkan narasumber dari industri kreatif, seperti COO Tokocrypto yang juga sebagai pelopor pasar non-fungible token (NFT) pertama di Indonesia, Teguh Kurniawan, yang berbagi informasi soal keuntungan NFT untuk para pelaku industri kreatif dan langkah masuk industri NFT.

The Social Engineering Dilemma of Data Privacy (Selasa, 7 Desember 2021)

Masih pada hari yang sama dalam konferensi ini, Jenius menghadirkan CEO IYKRA & Chief Strategy KORSANTEX, Fajar Jaman. Ia membahas data pribadi yang masih jadi hal dilematis untuk dikumpulkan, alur kejahatan rekayasa sosial, dan yang perlu diwaspadai dengan adanya data sharing.

Recreating the Way We Work (Selasa, 7 Desember 2021)

Konferensi Recreating the Way We Work membahas "re-kreasi" dalam penerapan sistem kerja work from anywhere (WFA) bersama narasumber CEO eFishery, Chrisna Aditya. Chrisna yang sudah menerapkan WFA secara permanen membahas work life balance dan iklim kerja yang sehat serta dampak positif dan negatif terhadap WFA.

Setelah Conference, ada pula Jenius Talks yang menghadirkan beragam narasumber inspiratif terpercaya yang ahli di bidangnya. Jenius Talks akan dilaksanakan secara daring dan luring dari JNM Bloc Jogja.

Proud Indonesian: What Is Your Endgame? (Rabu, 8 Desember 2021)

Di sesi ini, Mantan Menteri Perdagangan sekaligus pembawa siniar, atau podcast, Endgame, Gita Wirjawan, membahas pengalamannya dalam melakukan "re-kreasi" dan kontribusi nyata untuk Indonesia dan melakukan aksi-aksi kecil sebagai kontribusi nyata untuk bangsa Indonesia. Melalui siniarnya pula, Gita Wirjawan sebelumnya juga banyak memberikan cerita inspiratif dari figur yang diundang.

Discover the 2022 Investment Trend (Kamis, 9 Desember 2021)

Investasi menjadi hal yang penting untuk masa depan. Namun, dalam berinvestasi, setiap orang juga harus bijak memilih instrumen yang tepat dengan profil risiko pribadi dan sesuai tren "re-kreasi" investasi nantinya. Untuk itu, di sesi ini, Jenius dan Adrian Maulana akan mengajak para peserta membahas sektor-sektor yang strategis untuk dipilih dan diinvestasikan, instrumen baru yang akan hadir tahun 2022, hingga menganalisis tren investasi 2022.

Standing Up Against the Dark Side of Netizen (Kamis, 9 Desember 2021)

Budaya netizen Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami berbagai macam respons di belahan dunia. Sayangnya, respons tersebut kebanyakan adalah negatif. Perkembangan dan variasi netizen beberapa tahun belakangan, serta cara untuk menyikapi perilaku negatif dari beberapa oknum menjadi bahasan bersama Ferry Salim dan Ian Hugen.

The Value of Investing for Your Life in the Long Run (Jumat, 10 Desember 2021)

Dalam talks ini, pendiri dan direktur OneShildt Financial Independence Budi Raharjo bersama founder JIC dan CEO Sayakaya Jessica Wijaya akan membahas pentingnya berinvestasi serta pola pikir yang harus diadopsi untuk kepentingan jangka panjang dan keuntungannya jika dilakukan sejak generasi muda.

Recreating How People Interact & Hangout Amidst Pandemic (Jumat, 10 Desember 2021)

Co-founder M Bloc Space Group Jacob Gatot S, Head of Marketing and Communications Tencent Technology Indonesia (JOOX) Yuanita Agata membahas pergeseran interaksi masyarakat selama pandemi, seperti nongkrong, serta pergeseran kebiasaan. Tak lupa, talks ini juga dilengkapi dengan bahasan peran creative space untuk mengakomodasi pergeseran tersebut, juga kolaborasi masyarakat untuk menciptakan placemaking.

NFT: Potential Recreation of Indonesia's Digital Art (Jumat, 10 Desember 2021)

Pada penghujung acara, talks ini membahas non-fungible token (NFT) secara lebih spesifik bersama Bryan Lie. Selain itu, seluk-beluk NFT juga dibahas lebih dalam untuk para peserta, serta bagaimana memaksimalkan potensi dan peluang para kreator dalam ranah digital lewat NFT juga tak lupa akan dibahas.

Untuk informasi lebih lanjut, serta informasi untuk mengikuti beragam keseruan tersebut, masyarakat dapat langsung mendaftarkan diri di Co.Creation Week 2021 secara GRATIS melalui https://www.ccw.cocreate.id/.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Di Luar Dugaan, Kriteria Ini Ternyata Penanda Orang Jenius


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading