Kacau! Rekening Bank Dijual di Tokopedia Sampai Shopee

Tech - Yuni Astutik & Rahajeng Kusumo Hastuti & dob, CNBC Indonesia
02 July 2020 12:55
Jual Beli Buku Tabungan//Cover

Kasus penipuan online via transfer bank telah terjadi lebih dari 1 dekade. Namun, dengan berbagai modus yang ada, penipuan online masih marak terjadi hingga saat ini.

Salah satu alat kejahatan dalam penipuan online adalah rekening bank. Namun, tentu bukan rekening asli atas nama penjahat, melainkan nama orang lain yang didapatkan secara illegal. Akun semacam ini tentu saja tidak dibenarkan dan melanggar ketentuan.

CNBC Indonesia secara mudah menemukan bahwa penjualan rekening bank telah dilakukan dengan berbagai cara, temasuk e-commerce dengan berbagai variasi harga.


Berdasarkan penelusuran di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, ada beberapa toko/merchant yang secara terang-terangan menjual rekening berbagai bank seperti BRI, BNI, BCA, Jenius, dan CIMB Niaga dengan variasi harga Rp 50.000-1.000.000.

Salah satu akun penjual rekening yang ditemukan di Shopee yakni "Fintstore", berdasarkan deskripsinya berada di Pekanbaru. Dari 11 produk yang dijual, semuanya merupakan produk rekening bank ataupun dompet digital.

CNBC Indonesia pun mencoba mengontak pemilik toko melalui fitur chat Shopee dan mencoba bertanya tentang akun bank yang dijual dengan harga Rp 600.000 per rekening.

Penjual mengatakan bahwa rekening ini merupakan rekening second dan atas nama laki-laki yang dipilih secara acak. Dia memastikan rekening ini aman, dan tidak akan dicari oleh pemilik rekening ini sebelumnya. Klaim sepihak yang tentu saja menyesatkan.

Yang dijual pun hanya rekening semata. Pembeli tidak perlu menyerahkan copy KTP karena berupa rekening second, serta tidak ada kartu ATM. "Akun doang tanpa kartu ATM," katanya.

Barang dagangan semacam ini memang patut dicurigai. Pasalnya, nasabah cukup pergi ke kantor bank, lalu membuka rekening tanpa biaya apapun, alias gratis. Konsumen yang membeli rekening atas nama orang lain, pasti punya motif tertentu.

fintstore, jualbeli buku tabunganFoto: fintstore, jualbeli buku tabungan

Penjual mengaku memiliki banyak rekening, bila pembeli tertarik lebih dari satu akun. Untuk meyakinkan pembeli bahwa nomor rekening bank tersebut benar-benar ada, dia mengirimkan gambar profile akun bank atas nama Eko Yulirohmanto dengan keterangan nomor akunnya.

Untuk lebih meyakinkan, pihak penjual menawarkan transaksi melalui platform Shopee, tidak harus bertransaksi di luar platform.

Penjualan rekening bank ini rupanya bukan hanya ada di Shopee. Mereka juga beroperasi di Bukalapak. Salah satunya pelapak bernama Raisa Safitri dengan keterangan lokasi di Sumedang Jawa Barat.

Pelapak ini menjual kartu ATM dengan buku tabungannya seharga Rp 1 juta, dan rekening bank batangan seharga Rp 500.000. Ketika dihubungi lewat fitur chat, respon penjual sangat lambat.

Pada akhirnya penjual merespon, namun tidak menjawab apakah rekening ini baru atau bekas. Seperti penjual sebelumnya, penjualan rekening ini tidak bisa memilih nama dan akan diberikan secara acak, serta bisa membeli lebih dari satu.

"Atas namanya random, gak bisa milih dan ready," katanya.

Cerita yang sama di Tokopedia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading