Netflix: Dikejar Sri Mulyani, Telkom Blokir, Dirangkul Nadiem

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 January 2020 13:55
Pekan lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Netflix untuk bekerja sama salah satunya dalam mendistribusikan film-film Indonesia.
Sementara itu, saat ini layanan Netflix sejak tiga tahun beroperasi di Indonesia masih diblokir aksesnya menggunakan akses internet dari PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM)]. Baik itu menggunakan Telkomsel maupun IndiHome dan wifi.id.

Pemblokiran yang dilakukan Telkom terhadap situs streaming film asal Amerika Serikat (AS) itu sebenarnya bukan cerita baru. Masalah ini sudah terjadi sejak Januari 2016 lalu, sebagaimana dilaporkan detikcom.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, pemerintah tidak memiliki wewenang untuk terlibat lebih jauh mengingat persoalan itu adalah persoalan bisnis.


"Kalau bisnis kita serahkan B to B (business to business) apa relasinya, mungkin ada hal yang sifatnya komersial. Kami berharap antara B to B bisa diselesaikan secara cepat. Kami harap segera selesai," kata Johnny ditemui saat open house perayaan Natal di kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019).

Hingga saat ini, kata Johnny, kedua perusahaan ini masih belum menyelesaikan masalah bisnisnya.

"Kalau business to business selesaikan secara bisnis. Kalau business to business itu kan ada pertimbangan benefit (keuntungan) masing-masing. Tapi jangan sampai Telkomsel dibilang blokir Netflix. Enggak begitu juga, bicarakanlah supaya saling mendapatkan manfaat," ujar Johnny Plate di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Johnny menambahkan jalan keluar dari masalah ini adalah duduk bareng dan membicarakan semuanya dengan Telkom Group.




(roy/roy)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading