8 Drone Paling Mematikan, Salah Satunya Bunuh Soleimani

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
07 January 2020 13:04
Deretan drone mematikan di dunia yang dipakai untuk serangan militer, salah satunya dipakai membunuh Jenderal Karismatik Iran Qasem Soleimani.
Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, dunia telah dihebohkan karena Amerika Serikat (AS) melakukan penyerangan yang menewaskan pemimpin militer Iran, Jenderal Qasem Soleimani dengan sebuah drone militer yakni MQ-9 Reaper.

Drone ini terbang nyaris tanpa suara dan meluncurkan misil Hellfire yang menghancurkan konvoi mobil Jenderal Iran tersebut. Selain itu, drone juga dinilai efisien sebagai alat pengintai atau membantu mencari target. Dilansir dari army-technology.com, berikut 8 drone militer terbaik di dunia :


1. Predator C Avenger



Drone tempur ini dikembangkan oleh General Atomics Aeronautical Systems, Inc (GA-SI), perusahaan pengembang drone dan radar untuk militer AS juga komersial.

Penerbangan pertamanya dilakukan pada bulan April 2009. Predator C memiliki berat lepas landas maksimum 8.255kg dan total kapasitas muatan pesawat adalah 2948kg.

Muatan senjatanya sendiri termasuk rudal Hellfire, unit bom terpandu (GBU) -12/49 bom berpemandu laser, GBU-31 GBU-32, GBU-38 38 amunisi serangan langsung gabungan (JDMA) dan GBU-39 dan GBU-16/48 bom.

Predator C Avenger menawarkan kecepatan operasional dan transit yang lebih besar daripada seri sebelumnya, Predator B (MQ-9 Reaper). Didukung oleh mesin turbofan Pratt dan Whitney PW545B, drone tempur ini mampu mencapai ketinggian hingga 50.000 kaki. Serta memiliki kecepatan maksimum 400k dan daya tahan 20 jam.

2. CH-5

Drone CH-5, atau yang sering disebut juga dengan nama Rainbow, dirancang dan dikembangkan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC). CH-5 diperkenalkan pertama kali pada November 2016 dan memiliki bentuk menyerupai pesawat MQ-9 Reaper buatan AS.

Drone tempur ini mampu melakukan misi tempur, pengintaian, pengawasan, patroli, dan penentuan posisi target. CH-5 sendiri memiliki berat lepas landas maksimum 3.300kg dan kapasitas muatan 1.200 kg. Pada setiap sayap kerasnya dapat memuat senjata yang terdiri dari rudal anti-armor AR-2 SAL dan dua paket rudal SAL-1 AR.

Selain itu, CH-5 didukung oleh mesin tunggal 330HP, dapat mencapai kecepatan 118k dengan daya tahan maksimum 60 jam.

[Gambas:Video CNBC]

HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading