Kalahkan League of Legend, Penjualan Fortnite Tembus Rp25,2 T

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
07 January 2020 12:21
Kalahkan League of Legend, Penjualan Fortnite Tembus Rp25,2 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Fortnite kembali menjadi game online terlaris di dunia. Tahun lalu, game bergenre battle royale ini mencatatkan penjualan US$1,8 miliar atau setara Rp 25,2 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

Menurut riset SuperData milik Nielsen, tahun lalu sebenarnya penjualan Fortnite anjlok 25% dari tahun sebelumnya namun game lain tidak ada yang bisa melampaui pencapaian tersebut. League of Legends yang disebut sebagai penantang beratnya hanya mencatatkan penjualan US$1,5 miliar tahun lalu.


Diperingkat berikutnya ada Candy Crush, Pokemon Go dan Dungeon Fighter Online. Penjualan mengalahkan game yang lagi hits seperti FIFA 19 dan Call of Duty: Modern Warfare dalam penjualan digital.


"Fortnite sangat berhasil mengubah pemainnya menjadi lebih boros dengan belanja berbagai kosmetik (item game)," tulis SuperData dalam laporannya yang diterbitkan Kamis pekan lalu.

Kalahkan League of Legend, Penjualan Fortnite Tembus Rp25,2 TFoto: League of Legends (ist)

Michael Pachter, seorang analis dari perusahaan jasa keuangan Wedbush mengatakan game FIFA dan Modern Warfare sejatinya menyaingi penjualan Fortnite jika ditambahkan dengan penjualan fisik. Riset SuperData tidak mempertimbangkan hal ini.

"Fortnite terus menjadi pilihan karena menyenangkan, dan developer relatif sering menambahkan tantangan musiman untuk menjaga permainan tetap menarik," ujar Michael Pachter, seperti dilansir dari CNNInternational, Selasa (7/1/2020).

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading