Disney Plus Resmi Meluncur, Akankah Netflix Tersingkir?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
13 November 2019 14:47
Disney Plus Resmi Meluncur, Akankah Netflix Tersingkir?
Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan video on demand Disney Plus akhirnya diluncurkan pada Selasa (12/11/2019). Disney Plus akan berhadap-hadapan secara langsung Netflix dalam bisnis siaran berbayar.

Layanan Disney Plus akan menawarkan biaya berlangganan US$6,99 per bulan dan US$69,9 per tahun. Sementara Netflix menawarkan biaya US$9 per bulan dan biaya US$13 untuk layanan HD.

Kehadiran Disney Plus patut menjadi perhatian Netflix karena Disney merupakan perusahaan yang memiliki konten yang beragam. Bahkan sebelumnya Netflix membayar Disney untuk film-film milik Disney.


CEO Netflix Reed Hastings mengatakan menunggu layanan apa yang diberikan Disney Plus dan tidak khawatir kehadirannya tetapi mengagumi Disney.


"Disney adalah satu-satunya yang harus kita pelajari," ujarnya seperti dikutip dari CNet, Rabu (13/11/2019).

Netflix dan Disney Plus akan bersaing dalam subscriptions (langganan berbayar). Saat ini Neflix memiliki 165 juta subscribers. Disney diprediksi akan memiliki 60 juta hingga 90 juta subscribers dalam lima tahun ke depan. Masih kalah jauh dari Netflix.

Namun, Disney Plus punya kekuatan tersembunyi sebagai alternatif tontonan dari televisi berbayar. Kuartal III-2019, Layanan TV berbayar di Amerika kehilangan 1,74 juta pelanggan.

Jika ini terjadi maka Netflix akan kesulitan untuk menambah jumlah subscribers secara signifikan seperti yang terjadi pada awal-awal Netflix muncul. Bahkan ini bisa mendorong para perusahaan video on demand saling akuisisi subscribers.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading