Terungkap! Ekonomi Digital RI Tumbuh Paling Pesat di ASEAN

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 October 2019 16:13
Terungkap! Ekonomi Digital RI Tumbuh Paling Pesat di ASEAN Foto: Pemaparan laporan e-Conomy SEA 2019 di Google Indonesia Office (CNBC Indonesia/Cantika Adinda Putri)
Jakarta, CNBC Indonesia - Google, Temasek, dan Bain Company merilis laporan bahwa penetrasi ekonomi digital Indonesia paling pesat dalam lima tahun terakhir di kawasan Asia Tenggara. Bahkan Indonesia diperkirakan menjadi negara yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang dinamis bagi Asia Tenggara.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan, sebagai ekonomi internet terbesar dan paling cepat berkembang di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bisa menghimpun perekonomian melalui digital mencapai US$ 133 miliar pada 2025.

Pada 2019 saja, ekonomi digital di Indonesia sudah mencapai US$ 40 miliar atau tumbuh lima kali lipat dibandingkaan tahun 2015 yang hanya mencapai US$ 8 miliar saja.


"Dibandingkan negara lain, Indonesia paling besar. Kedua paling cepat. Kalau dilihat growthnya, 20% sampai 30%," ujar Randy di kantor Google Indonesia, Senin (7/10/2019).


Memadukan Google Trends, riset Temasek, dan analisis Bain & Company, serta berbagai sumber dari industri dan wawancara ahli, Laporan e-Conomy SEA menjelaskan, transformasi ekonomi Indonesia yang luar biasa pesat, sehingga menjadi pendorong pertumbuhan yang dinamis bagi Asia Tenggara.

Berdasarkan laporan itu, tingkat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia tumbuh 49%.

"Laporan tahun ini menunjukkan performa optimal Indonesia yang melampaui semua ekspektasi dari tiga laporan tahunan sebelumnya. Prediksi ke depan Indonesia juga akan terus cepat. Kita sebagai cukup existing growth-nya sangat cepat sekali," tutur Randy.

Randy menambahkan Jabodetabek tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan di Indonesia. Pengguna yang tinggal di area tersebut membelanjakan uang senilai US$ 555 per kapita (dalam GMV) dibandingkan US$ 103 di area non-metro, meski daerah non-metro diperkirakan akan bertumbuh dua kali lebih pesat dalam enam tahun ke depan.

"Kota di Jakarta ini mempresentasikan 15% dari populasi. Pattern-nya kalau di metro 6 kali lipat dari non metro," ucapnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading