Internasional

Jack Ma Pensiun Dini, Ini Momen Pentingnya Bersama Alibaba

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 September 2019 15:21
Foto: infografis/Ilmu dari jack ma untuk para wirausahawan/Aristya Rahadian krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa e-commerce China Alibaba berulang tahun yang ke-20 di tahun 2019 ini. Namun, kabar menyedihkan datang dari pendiri utamanya, Jack Ma.

Mengutip CNBC International, Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai chairman perusahaan pada hari ini, Selasa (10/9/19).

Alibaba didirikan pada tahun 1999 sebagai perusahaan e-commerce tradisional. Kini Alibaba berubah menjadi konglomerat bisnis yang memiliki berbagai bisnis mulai dari logistik hingga pengiriman makanan dan komputasi awan (cloud computing).


Alibaba bahkan telah memiliki valuasi lebih dari US$ 460 miliar. Berikut adalah beberapa momen penting dalam sejarah Alibaba:

April 1999: Perjalanan Dimulai

Alibaba didirikan oleh sekelompok pendiri yang terdiri dari 18 orang. Kelompok ini dipimpin oleh Jack Ma dan bekerja di apartemen Ma di kota Hangzhou, China, yang menjadi markas Alibaba sekarang.

Situs web pertamanya adalah Alibaba.com yang berisi pasar grosir dalam berbahasa Inggris. Pada tahun yang sama, Alibaba meluncurkan pasar grosir domestik.


Januari 2000: Terima Investasi SoftBank

Alibaba mendapat investasi senilai US$ 20 juta dari sekelompok investor yang dipimpin oleh SoftBank. Investasi ini yang membantu Alibaba tumbuh.

"Kami tidak berbicara tentang pendapatan, kami bahkan tidak berbicara tentang model bisnis," kata Ma tentang CEO SoftBank Masayoshi Son, menurut laporan Wall Street Journal pada saat itu.

"Kami baru saja berbicara tentang visi bersama. Kami berdua membuat keputusan dengan cepat,".

Mei 2003: Taobao Lahir

Taobao adalah platform belanja online di China yang dijalankan oleh Alibaba. Di platform ini penjual pihak ketiga dapat mempromosikan produk mereka.

Pada 2015, volume barang dagang bruto Taobao mencapai 1,59 triliun yuan (US$ 223,9 miliar). Jumlahnya tumbuh menjadi 3,11 triliun yuan pada tahun fiskal 2019.


Pendapatan dari Taobao adalah bagian penting dari bisnis perdagangan inti Alibaba.

Desember 2004: Alipay Diluncurkan

Alipay adalah salah satu dari dua platform pembayaran besar China, selain WeChat Pay yang dimiliki oleh Tencent.

Alipay adalah sistem yang didasarkan pada kode QR, semacam kode batang yang dapat dipindai/scan untuk melakukan pembayaran. Selain itu, Alipay juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di toko online.

Namun begitu Alipay cukup kontroversial. Ini membuat perusahaan dan Jack Ma berselisih dengan pemegang saham utama Yahoo dan SoftBank.

BERSAMBUNG KE HAL 2


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading