Resmi! Hari Ini Jack Ma Mundur dari Alibaba

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
10 September 2019 10:30
Resmi! Hari Ini Jack Ma Mundur dari Alibaba Foto: REUTERS/Ruben Sprich
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2019 menjadi tahun yang spesial bagi Alibaba. Tahun ini raksasa e-commerce China ini resmi berusia 20 tahun. Selain itu, mulai hari ini Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai chairman Alibaba.


Dalam 20 tahun di bawah kepemimpinan Jack Ma, Alibaba telah bertransformasi menjadi perusahaan e-commerce tradisional menjadi perusahaan teknologi konglomerasi yang menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, e-commerce hingga cloud computing. Saat ini valuasi Alibaba mencapai US$460 miliar.


Berikut perjalanan Jack Ma dan Alibaba, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (10/9/2019):


April 1999: Awal perjalanan

Alibaba didirikan oleh 19 orang yang dipimpin oleh Jack Ma. Website pertama perusahaan adalah Alibaba.com dan pada tahun yang sama mereka meluncurkan marketplace dengan nama yang sama.

Januari 2000: Softbank Jadi investor Alibaba

Softbank menjadi investor awal yang membantu Alibaba tumbuh dengan kencang. Pada awal 2000 tersebut Alibaba mendapat suntikan dana US$20 juta dari sejumlah investor yang dipimpin oleh Softbank.


Mei 2003: Taobao diluncurkan

Taobao adalah marketplace di mana pihak ketiga bisa menjual produknya kepada masyarakat China. Taobao kini menjadi salah satu penyumbang pendapatan terpenting bagi Alibaba.

Desember 2004: Alipay dirilis

Alipay kini menjadi satu dari dua pembayaran digital yang paling populer di China selain WeChat Pay dari Tencent. Alipay menjadi kunci bagi Alibaba karena berhasil merevolusi kebiasaan masyarakat China ke transaksi non-tunai.

Resmi! Hari Ini Jack Ma Mundur dari AlibabaFoto: Infografis/Kisah Sukses Jack Ma/Edward Ricardo

November 2007: IPO di Hong Kong

Alibaba mendapatkan dana segar sebesar HK$13,1 miliar ketika IPO di Hong Kong. ketika itu sahamnya di hargai HK$13,5 per lembar. Menjadikan salah satu penggalangan dana terbesar melalui bursa Hong Kong.

April 2008: Tmall lahir

Taobao Mall adalah nama awal marketplace ini, yang kemudian hari diubah menjadi Tmall. Di marketplace ini menjual barang-barang bermerek dari luar negeri kepada masyarakat China.


Juni 2012: Alibaba delisting dari bursa Hong Kong

Alibaba hanya lima tahun melantai di bursa Hong Kong. Raksasa e-commerce ini mengeluarkan dana US$2,45 miliar untuk memborong 27% saham Alibaba.com. Harganya setara dengan harga saham ketika IPO.

September 2014: Alibaba IPO di New York

Alibaba memutuskan melantai di New York Stock Exchange dan menjadi IPO terbesar dalam sejarah. Dari aksi korporasi ini Alibaba mendapatkan dana segar US$25 miliar.


September 2019: Jack Ma mundur

Jack Ma mundur sebagai chairman Alibaba hari ini. Saat ini CEO Alibaba adalah Daniel Zhang. Ia akan menduduki posisi chairman. Jack Ma akan berada dalam jajaran petinggi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan di 2020.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading