Gile! Alibaba Beli Saham Hipermarket Ini Rp 52 T, Buat Apa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 October 2020 15:23
Kisah Luar Biasa Jack Ma

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan raksasa e-commere China, Alibaba, membeli saham dari SunArt senilai US$ 3,6 miliar atau lebih dari Rp 52 triliun. SunArt merupakan pemilik dari ratusan toko hipermart Auchan yang berada di China. Auchan sendiri berasal dari Prancis.

Jumlah saham yang diborong Alibaba adalah 72%. Aksi ini dilakukan Alibaba untuk menambah jumlah konsumennya, serta mendorong para konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok, makanan segar, hingga produk kesehatan lewat Alibaba.

"SunArt telah membuat progress signifikan dalam transformasi digital," demikian pernyataan Alibaba dilansir dari AFP, Senin (19/10/2020).

Lewat akuisisi ini, Alibaba mengontrol ruang ritel Auchan seluas 140 juta kaki persegi di seluruh China. SunArt dibuat oleh Auchan pada 2000 bersama Ruentex Group dan Alibaba masuk dalam aliansi tersebut sejak 2017.



Alibaba akan menghubungkan produk-produk yang dijual Auchan ke dalam platform e-commerce miliknya. Selain itu, memasukkan produk-produk Auchan dalam ekosistem Alibaba, dan menyatukan sumber daya serta teknologinya.

Penyatuan sistem ini membuat Alibaba menjanjikan pengiriman dalam waktu 30-60 menit kepada pada pelanggan yang membeli barang SunArt, lewat aplikasi Tmall milik Alibaba.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading