Bakal Punya Kementerian Digital, Siapa Menteri yang Cocok?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 September 2019 12:02
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kian serius untuk membentuk kementerian baru yang membawahi ekonomi digital. Kemungkinan kementerian baru ini akan bernama kementerian ekonomi digital.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih mengatakan saat ini perkembangan digital cukup pesat di Indonesia.


"Nah Indonesia ini belum memiliki Kementerian Digital, kan? Ini menurut saya penting," ungkap Sri Adiningsih saat ditemui CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (9/9/2019).


Menurutnya, ekonomi digital ini cukup berkembang pesat di Indonesia. Sementara, menurut Sri Adiningsih, negara lain sudah memiliki Kementerian yang bertugas mengembangkan digitalisasi.

Bakal Punya Kementerian Digital, Siapa Menteri yang Cocok?Foto: Aristya Rahadian Krisabella

"Saat ini perizinan digital terpisah-pisah. Kementerian digital diharapkan bisa mengakomodir semau perkembangan digital dari proses awal hingga regulasi," kata Sri Adiningsih.

Memberikan perhatian pada ekonomi digital memang perlu dilakukan pemerintah. Potensi ekonomi digital cukup besar dan bakal menjadi ekonomi masa depan dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ekonomi digital berkontribusi sekitar 22 persen terhadap perekonomian global.

"Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan meningkat pesat pada 2025, di mana nilai pasarnya akan mencapai US$100 miliar," ujar Darmin Nasution dalam acara Fintech Forum 2019 di Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Lanjut ke halaman berikutnya >>>



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading