Kembangkan Ekonomi Digital, Jokowi : SDM IT Adalah Kunci!

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 November 2020 14:36
(foto: Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kunci utama untuk mengembangkan ekonomi digital adalah berasal dari peningkatan sumber daya manusia di bidang informasi teknologi.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pidato pada acara Google for Indonesia yang disiarkan melalui kanal Youtube Google Indonesia, Rabu (18/11/2020).

"Sehingga mampu menutupi kebutuhan 9 juta talenta digital nasional hingga tahun 2035, untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut. Tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah, tapi harus dilakukan bersama," kata Jokowi.


Jokowi menilai, krisis yang saat ini dihadapi harus dimanfaatkan untuk melakukan transformasi secara besar-besaran, terutama dalam mengejar ketertinggalan teknologi informasi.

"Ini adalah kesempatan untuk mengejar ketertinggalan kita di saat banyak negara maju mengalami kemunduran. kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental, kesempatan untuk mengeksekusi strategi besar kita," katanya.

Jokowi mengatakan, potensi pasar digital Indonesia saat ini sudah tumbuh cukup menjanjikan, yang diiringi dengan penetrasi pasar internet yang setiap tahunnya meningkat pesat.

Maka dari itu, percepatan ekonomi digital membutuhkan peran digital talent. Pengembangan sumber daya manusia di bidang ilmu teknologi, pun menjadi suatu keharusan.

"Percepatan ekonomi digital membutuhkan sokongan lebih banyak digital talent. Kita perlu lebih banyak software developer. Kita perlu lebih banyak lagi produk designer dan kita juga memerlukan dukungan content creator," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading