Jokowi Bicara Ekonomi Digital RI Kuasai Pasar Asia Tenggara

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 July 2021 12:13
#PRAYFROMHOME bersama Presiden Joko Widodo, 11 Juli 2021 (Tangkapan Layar youtube/ Sekretarat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan nilai ekonomi maupun transaksi digital Indonesia akan menjadi yang terbesar di wilayah Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat memberikan sambutan dalam pagelaran Investor Daily Summit yang disiarkan secara virtual, Selasa (13/7/2021).

"Nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan," kata Jokowi.


Jokowi mengatakan potensi ekonomi digital dalam negeri cukup menjanjikan. Sepanjang 2020, nilai transaksi digital masyarakat Indonesia mencapai Rp 253 triliun, dan diperkirakan akan kembali meningkat tahun ini.

"Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun di tahun 2021," tegasnya.

Menurutnya, potensi yang selama ini belum tergarap harus dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Jokowi memandang, tahun ini merupakan momentum kebangkitan bagi Indonesia dari pandemi Covid-19.

"Teruslah membangun optimisme dan harapan, agar kita mampu bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru yang semakin kokoh, tangguh dan mandiri," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading