Jokowi Ungkap Kunci Kebangkitan Ekonomi RI dari Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 July 2021 11:53
Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2021, Istana Merdeka, 13 Juli 2021. (Youtube/ Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kunci kebangkitan pemulihan ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19 adalah dengan memancing arus investasi masuk ke Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat memberikan sambutan dalam pagelaran Investor Daily Summit yang disiarkan secara virtual, Selasa (13/7/2021).

"Terlebih dalam kondisi pandemi sekarang ini, investasi kunci utama dalam pemulihan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan dalam masa pandemi Covid-19 pemerintah telah serius melakukan berbagai langkah konkret. Mulai dari penanganan dari sisi kesehatan seperti program vaksinasi, maupun bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

"Selain itu pemerintah juga memastikan proses reformasi transformasi struktural ekonomi berjalan. Pandemi tak boleh jadi penghambat reformasi tersebut. Justru harus kita manfaatkan momentumnya untuk percepat refom strukrtural,"

Salah satu upaya pemerintah untuk memancing arus investasi masuk telah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dan berbagai macam aturan turunannya. Jokowi berharap, kehadiran payung hukum tersebut bisa berdampak.

"Struktur ekonomi kita lebih dari 55% dikontribusikan konsumsi. Ini harus perlahan kita alihkan ke produksi yakni dengan mendorong industrialisasi, hilirisasi, investasi dan meningkatkan ekspor," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading