Nadiem, Wafa, Ini Sederet Nama Cocok Jadi Menteri Digital

Tech - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
09 September 2019 11:16
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin mantap membentuk kementerian ekonomi dan digital. Kementerian ini merupakan kementerian baru yang akan fokus mengakomodir perkembangan ekonomi digital.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih saat dijumpai CNBC Indonesia sempat mengatakan saat ini perkembangan digital cukup pesat di Indonesia. Diperlukan sebuah Kementerian di bidang Ekonomi Digital.





"Nah Indonesia ini belum memiliki Kementerian Digital kan? Ini menurut saya penting," ungkap Sri Adiningsih saat ditemui CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, ekonomi digital ini cukup berkembang pesat di Indonesia. Sementara, menurut Sri Adiningsih, negara lain sudah memiliki Kementerian yang bertugas mengembangkan digitalisasi.




"Saat ini perizinan digital terpisah-pisah. Kementerian digital diharapkan bisa mengakomodir semau perkembangan digital dari proses awal hingga regulasi," kata Sri Adiningsih.

Nah mengingat ruang lingkup kinerjanya, pemerintah dipastikan harus mencari sosok yang benar-benar mengerti perkembangan dunia ini. Terutama mereka yang punya pengalaman teruji di bidangnya, dan juga bisa merangkul para pemangku kepentingan di lingkungan tersebut.

Berikut CNBC Indonesia mencoba merangkum sosok-sosok yang layak dipertimbangkan Jokowi untuk jadi Menteri Ekonomi Digital


1. Nadiem Makarim
Siapa yang tak mengenal sosok Nadiem Makarim, pendiri start-up fenomenal di Indonesia yang jadi sumber pencaharian jutaan orang, yakni Gojek.

Nadiem, Wafa, Ini Sederet Nama Cocok Jadi Menteri DigitaFoto: REUTERS/Darren Whiteside


Dibentuk hampir satu dekade lalu, perusahaan rintisan yang dibangun oleh Nadiem dan kawan-kawan kini telah menjadi Decacorn, sebuah julukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar. Sepak terjang Gojek pun tak cuma di dalam negeri, aplikasi ini tengah berupaya ekspansi ke Malaysia.

Sebelumnya, mereka sukses merambah bisnis ke Singapura, Vietnam dan Thailand.

Lahir di Singapura pada 1984, Nadiem kini berusia 35 tahun. Bukan sekali ini saja namanya masuk jajaran kandidat menteri, ia juga disebut-sebut sudah menghadap Presiden Joko Widodo.

Beberapa waktu lalu, Nadiem sempat ditanya perihal kans dirinya menjadi menteri. 

"Mohon maaf saya enggak ada komentar," ujarnya di acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 di ICE BSD, Kamis (18/7/2019).



Berikutnya: Dua Nama Baru, Layak Jadi Menteri Jokowi!


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading