Mau Dirikan Startup? Ini Tips Sukses dari Grab & Ruangguru

Tech - Yuni Astutik & Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
28 March 2019 13:26
Membangun startup kini menjadi salah satu cita-cita anak milenial. Salah satu alasannya bisa berkontribusi bagi perekonomian dan menyelesaikan berbagai masalah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Membangun startup kini menjadi salah satu cita-cita anak milenial. Salah satu alasannya bisa berkontribusi bagi perekonomian dan menyelesaikan berbagai masalah.

Dalam acara Thinkubator Conference yang diselenggarakan Kamis (28/3/2019) dan dihadiri 150 finalis startup, Adamas Belva Devara, pendiri sekaligus startup RuangGuru dan co-founder Grab Holdings Tan Hooi Ling membagikan tips sukses membangun startup.

Adamas Belva Devara mengatakan untuk membangun startup yang sukses dibutuhkan visi yang tepat sebab startup tidak hanya berdiri 2 atau 3 tahun. "Facebook sekarang sudah sepuluh tahun lebih. Ini bukan hanya sesuatu yang close to your brain but close to your heart," ujarnya.


Selain itu, para pendiri startup harus memiliki skill set yang lumayan lengkap, pendiri harus mengerti mengenai banyak hal yang dikerjakan oleh perusahaan.


"Brand valuation itu apa, market cap itu apa, itu kalian harus ngerti agar ga dikibulin. Itu makanya kalian ikut event seprti ini, biar bisa belajar" tambah dia.

"Saya sekarang kerja berasa ga kayak kerja. kalau kalian cinta dengan apa yang kalian kerjakan, kalian ga bakal capek. Entreprenurship itu capek. dari bangun pagi sampai tidur lagi itu yang kalian pikirkan terus. kalau kalian sudah cinta gak akan pikirkan capeknya."

Tan Hooi Ling menambahkan pendiri startup harus sama dengan konsumennya.Pasalnya, produk yang dibangun memang ditujukan untuk menjawab permasalahan konsumen. "Beri mereka tiga opsi, dan minta mereka tentukan mana yang paling bagus. Itu bisa menghemat banyak waktu buat Grab," ujarnya.

Tan Hooi Ling menceritakan ketika pertama Grab berdiri, mereka sampai membawa drivernya ke cafe untuk mengetahu tentang apa yang dirasakan konsumen dan mitra.

"Dalam satu hari cuma 24 jam, dan kita harus bisa bagi waktu dengan efektif. Kalau tidak kita bisa crash dan kalian tidak bisa bekerja dengan efektif. Jadi kalian sangat butuh tidur," ujarnya.

"Jangan lupa juga berolahraga. kalau kalian olahraga badan akan rilis endorphin dan itu akan membuat kalian lebih sigap dan gesit. Bisa jadi super woman dan jangan lupa makan yang sehat."


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading