Thinkubator Usai, ini Pesan Bos Grab ke Startup RI

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 March 2019 22:08
Thinkubator Usai, ini Pesan Bos Grab ke Startup RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Ajang pencarian startup Thinkubator sudah menetapkan satu pemenang. Meski hanya satu, yaitu Nano Bubble yang membawa pulang uang paling banyak, namun Grab menilai semua keluar sebagai pemenang dalam ajang ini.

"Ke enamnya bagus semua, tapi kalau saya lihat semua adalah pemenang untuk Indonesia," kata Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata saat ditemui usai Live Pitch Thinkubator di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Menurut Grab, yang sudah lebih dulu maju sebagai decacorn, keenam startup yang sudah terpilih mempunyai dampak sosial yang tinggi. Hal ini jauh lebih berharga dibanding jumlah pendanaan yang sudah digelontorkan untuk peserta.


"Social impactnya tinggi. Jumlah fundingnya tidak seberapa. Semua hadirnya sudah terseleksi dengan baik," katanya lagi.

Saat ini, Grab memiliki program lain yaitu Grab Venture Felocity yang tujuannya adalah menjaring startup baru. Hal ini selaras dengan visi Grab yang memang menaruh perhatian tinggi akan perusahaan startup.

"(Thinkubator) Ini adalah primer edition. Berikutnya akan dibawa ke Negara Asia Tenggara. Nantinya akan ada grand finalnya," ungkapnya.

Grab berpesan kepada startup yang masih dan sedang berjuang untuk bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat fan solusi untuk memecahkan suatu permasalahan. Yang pasti juga, jangan lupa untuk terus bermimpi.

Thinkubator Usai, ini Pesan Bos Grab ke Startup RIFoto: IST

"Tetap bermimpi tinggi karena mimpimu yang akan membawa kamu setinggi langit karena itu yang akan membawa dampak yang besar untuk indonesia," tutupnya.

Thinkubator sendiri mendapat sambutan yang positif di mana lebih dari seribu starrup mendaftar. Dalam workshop yang telah dihelat kemarin, Kamis (28/3/2019), 150 di antaranya hadir untuk mendapatkan pelajaran langsung dari ahlinya.

Asal tahu saja, ada tiga dewan juri dalam kompetisi ini. Chairul Tanjung Chairman CT Corp, Wiliam Tanuwijaya pendiri dan CEO Tokopedia dan Frederica Widyasari Dewi, Direktur Utama PT Kostudian Sentral Efek Indonesia. Tiap dewan juri diberikan modal Rp 500 juta untuk diberikan kepada 6 finalis.

Dari hasil live pitching, startup Nanobubble.id keluar sebagai pemenang karena berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 825 juta dari para dewan juri. Dana terbesar diberikan oleh William Tanuwijaya yang memberikan Rp 500 juta. Sisanya Chairul Tanjung Rp 200 juta dan Frederica Rp 125 juta.

Nanobubble adalah startup yang menggunakan teknologi nano untuk menciptakan gelembung udara dengan kadar oksigen tinggi. Teknologi ini mematikan virus yang ada di air dan membuat udang bisa berkembang dua kali lebih cepat dan produksi meningkat.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading