Ini Alasan Bos Tokopedia Hanya Danai Satu Startup Thinkubator

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
29 March 2019 22:02
Ini Alasan Bos Tokopedia Hanya Danai Satu Startup Thinkubator
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam acara live pitching Grab Thinkubator yang ditayangkan Trans Media pada hari ini (29/3/2019), Pendiri sekaligus CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya mendapat perhatian lebih dari penonton.

Pasalnya, dari enam peserta live pitching, William hanya memberikan pendanaan sebesar Rp 500 juta kepada satu startup saja. Yakni, Nanobubble.id. Sementara juri lainnya memberikan pendanaan kepada masing-masing finalis live pitching.

Ternyata, William punya alasan sendiri melakukan itu. William mengatakan sangat jarang anak muda yang menciptakan inovasi berbasis internet of things (IoT), apalagi yang tingkat tinggi. Inilah yang membuat Nano Bubble menarik minatnya. 


Teknologi ini bisa meningkatkan panen udang hingga 4 kali. Dengan begitu, industri agribisnis Indonesia bosa semakin kuat, terutama jika ingin menjadi eksportir.

"Kalau percaya Indonesia bisa menjadi eksportir, harus dimulai dengan  peningkatan kapasitas dan kualitas produksi lokal. Kita butuh teman-teman nanobubble.id," kata Wiliam usai Live Pitch Thinkubator, Jumat (29/03/2019).

Untuk itu dia melewatkan empat finalis sebelumnya dan memberikan semua bagiannya pada startup yang satu ini. William mengatakan jenis startup ini bergerak di sektor yang kurang diminati namun dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

"Makanya begitu saya lihat mereka saya langsung berikan semua kuota saya kepada mereka," tegasnya.

William pun mengapresiasi nanobubble.id karena berani keluar dari jalur umumnya. Menurutnya, kecenderungan startup biasanya mengadaptasi apa yang populer di luar.

"Mereka tidak hanya bikin apa yang ada di luar. Di luar ada uber bikin disini, ada alibaba bikin disini. Tapi sesuatu yang menjawab masalah  lokal. Dengan ini peningkatan panen bisa meningkat pesat," kata William.

Asal tahu saja, ada tiga dewan juri dalam kompetisi ini. Chairul Tanjung Chairman CT Corp, Wiliam Tanuwijaya pendiri dan CEO Tokopedia dan Frederica Widyasari Dewi, Direktur Utama PT Kostudian Sentral Efek Indonesia. Tiap dewan juri diberikan modal Rp 500 juta untuk diberikan kepada 6 finalis.

Dari hasil live pitching, startup Nanobubble.id keluar sebagai pemenang karena berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 825 juta dari para dewan juri. Dana terbesar diberikan oleh William Tanuwijaya yang memberikan Rp 500 juta. Sisanya Chairul Tanjung Rp 200 juta dan Frederica Rp 125 juta.

Nanobubble adalah startup yang menggunakan teknologi nano untuk menciptakan gelembung udara dengan kadar oksigen tinggi. Teknologi ini mematikan virus yang ada di air dan membuat udang bisa berkembang dua kali lebih cepat dan produksi meningkat.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading