Ada Kecerdasan Buatan, Jokowi: Kerja Admin Harus Dihapus

Tech - Lidya Julita Sembiring & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 August 2019 11:32
Ada Kecerdasan Buatan, Jokowi: Kerja Admin Harus Dihapus Foto: Presiden RI Jokowi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019.

Pidato kenegaraan kepala negara disampaikan pada sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di gedung parlemen, Jumat (16/8/2019).


Salah satu yang disoroti Jokowi dalam pidato tersebut adalah penggunaan teknologi untuk mempermudah kerja birokrasi dan harusnya ada penyederhanaan prosedur dan penyederhanaan organisasi.


"Pekerjaan administrasi yang bisa dilakukan oleh komputer, dan oleh kecerdasan buatan artificial intelligence (kecerdasan buatan), harus mulai dilepas. Oleh karena itu jumlah organisasi dan jumlah aparat yang tidak efisien dan tidak relevan harus mulai dipangkas," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga mendorong penerbitan regulasi perlindungan data pribadi demi mencegah kejahatan siber termasuk kejahatan penyalahgunaan data.

"Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak. Karena itu kedaulatan data harus diwujudkan hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi," ujar Jokowi.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading