Jokowi Ingin Produk Made In RI Banjiri Dunia

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
16 August 2019 11:25
Jokowi Ingin Produk Made In RI Banjiri Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan produk Indonesia tidak hanya berjaya di dalam negeri, tapi juga bisa membanjiri pasar global. Hal ini disampaikan Presiden saat pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2019).

"Kita harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan," ujar Jokowi di Gedung DPR RI.

Menurutnya, para pengusaha dan pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus berani mengambul langkah tersebut. Pengusaha dan BUMN harus berani menjadi pemain kelas dunia di pasar internasional.


"Itu yang harus kita lakukan. Talenta-talenta kita harus memiliki reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional itu yang harus kita siapkan. Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global," jelasnya.

Jokowi melanjutkan, jika pemerintah mau berbenah dengan serius maka ia yakin mampu melakukan lompatan besar dan signifikan. Salah satu cara yang akan dilakukan Jokowi adalah dengan fokus pengembangan sumber daya manusia (SDM) di periode keduanya memimpin nanti.

"Momentumnya adalah sekarang tatkala kita antara 2020 hingga 2024, berada di puncak periode bonus demografi. Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan," tegasnya.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading